Bagaimana cara mengatasi bayi menangis di malam hari?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok kebetulan saya ibu baru. Saya sering panik saat bayi saya yang baru lahir ini sering menangis di malam hari. Bagaimana ya dok cara mengatasi agar bayi tidak menangis terus di malam hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Setelah seorang wanita melahirkan, ia akan mendapat gelar baru, yaitu 'ibu'. Melahirkan merupakan awal dari perjalanan baru sebagai orangtua yang baik, agar tumbuh kembang anak dapat maksimal sesuai usianya. 

Pada masa-masa awal menjadi seorang ibu, adalah normal apabila seseorang merasa panik, cemas, khawatir, atau takut karena tidak tahu apa yang harus dilakukan. Jadi, sebaiknya seorang ibu baru terus mencari tahu dan belajar. Selain itu, meminta dukungan dalam komunitas atau kepada orang terdekat juga sangat disarankan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, bayi yang menangis di malam hari juga sering membuat seorang ibu kebingungan. Hal ini karena bayi belum mampu berbicara dan mengutarakan keinginannya dengan kata-kata seperti orang dewasa. Oleh karena itu, bayi hanya bisa menangis apabila merasa tidak nyaman.

Beberapa penyebab bayi tidak nyaman adalah:

  • Lapar atau haus 
  • Popok atau pampers basah atau lembab
  • Suhu ruang yang terlalu panas atau dingin
  • Nyeri pada perut, kepala, atau nyeri lain

Oleh karena itu, jika bayi menangis, ibu sebaiknya tidak panik dan tetap tenang. Periksa popok bayi apakah basah atau kering, serta kondisi kulit bayi (terlalu dingin atau berkeringat). Atau, coba berikan ASI kepada bayi agar tidak lapar lagi. 

Jika Anda bingung dan merasakan gejala seperti bersedih, tidak ingin mengasuh bayi, atau cemas berkelanjutan, segera sampaikan masalah ini kepada orang terdekat, ya. Jangan memendam masalah sendirian. Selamat menjadi ibu.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat ikan tuna untuk bayi

Manfaat Ikan Tuna untuk Bayi dan Risikonya Yang Perlu Diketahui

Manfaat ikan tuna untuk bayi cukup beragam. Meskipun begitu, Anda perlu memantau porsi dan cara mengolahnya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan bayi.