28 Mar 2021, 21:05Kandungan

Bagaimana cara mengatasi bad mood pms?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 30 Tahun
Dokter, apakah wajar jika sedang menstruasi moodd seseorang berubah-ubah? Bahkan lebih sering bad mood. Bagaimana cara mengatasi bad mood pms?
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Bad mood adalah kondisi ketika suasana hati sedang buruk. Ketika sedang bad mood, seseorang biasanya menjadi lebih sensitif, cepat marah, dan mudah tersinggung; terutama apabila mengalami sesuatu yang tidak sesuai dengan pandangan dan pola pikirnya. Nah, pada kaum wanita, bad mood sering kali dialami pada saat pre-menstrual syndrome (PMS).

Tips Mengatasi Bad Mood PMS

Bad mood PMS disebabkan oleh perubahan hormon tubuh yang wajar dan normal pada fase-fase menstruasi. Sebenarnya, bad mood PMS dapat menghilang dengan sendirinya ketika menstruasi sudah selesai. Namun, berikut beberapa tips untuk mengurangi bad mood PMS:
  • mendekatkan diri kepada orang yang dicintai
  • melakukan hobi, misalnya menonton atau bermain musik
  • berkebun dan berjemur matahari
  • berolahraga minimal 30 menit
  • mengonsumsi cokelat hangat, pisang, atau alpukat
Hindari terbawa emosi, misalnya marah-marah atau berteriak apabila sedang mengalami bad mood PMS. Ingatlah bahwa hal ini hanya berlangsung sementara. Apabila Anda bersikap buruk kepada lingkungan, maka kehidupan sosial Anda mungkin terganggu untuk jangka panjang. Dianjurkan untuk menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya guna menenangkan diri pada saat emosi.Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMS, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan melalui chat dokter ataupun tatap muka. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidhaidmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil