07 Oct 2021, 09:27Psikologi

Bagaimana cara mengatasi anak yang takut sama orang baru?

B
Info Penanya: B0
Dokter, untuk pertama kalinya saya membawa anak yang umur 2 tahun untuk menghadari acara arisan keluarga. Tapi, baru juga sampai di depan pintu anak saya sudah memangis kejar sekali dan banyak yang bilang kalau anak saya tidak terbiasa melihat orang banyak. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Bagaimana cara mengatasi anak yang takut sama orang? Apakah kondisi ini wajar untuk anak?
74 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, B.Melihat anak yang takut bertemu dengan orang lain tentunya mengkhawatirkan bagi orang tua. Namun, hal ini sangat wajar terjadi apalagi bila sang buah hati bertemu dengan orang baru.

Penyebab anak yang takut sama orang

Kondisi ini biasanya terjadi pada anak usia 6 bulan-2 tahun, dan ini masuk kedalam masalah kecemasan yang umum. Hal ini biasanya terjadi karena adanya perbedaan pendekatan yang biasa dilakukan orang tua kepada anak dengan orang lain kepada anak. Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi rasa takut anak pada orang baru :

  • Mulai mengenalkan dengan orang sekitar. Dengan cara berjalan didaerah komplek rumah, atau mulai sering bawa ke acara keluarga.
  • Jangan memaksa anak digendong oleh orang lain. Berikan waktu agar anak mau dengan sendirinya digendong oleh orang tersebut.
  • Dampingi selalu anak ketika bersama dengan orang baru. Sehingga memberikan rasa perlindungan untuk anak.
  • Memperkenalkan anak dengan keluarga sedini mungkin sehingga terbiasa dengan kehadiran dan suara orang lain
  • Tetap bersikap tenang. Bila anak melihat orang tua ikut cemas dan panik karena anak menangis maka anak juga semakin merasa tidak tenang dan takut.
Coba lakukan hal-hal sederhana tersebut untuk mengatasinya. Bila sudah melakukan tetapi masih juga menjadi kendala maka tidak perlu ragu untuk konsultasikan tipe parenting dengan ahli psikolog. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
tips parentinggangguan kecemasanmembesarkan anak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil