Bagaimana cara mengatasi alergi ayam potong?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, setiap saya makan olahan ayam potong pasti muncul bintik-bintik merah seperti alergi di bagian atas tangan dan kaki saya. Ini berbahaya nggak sih dok? Bagaimana cara mengobatinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Ayam potong adalah ayam yang diternakkan di peternakan dan diberi makanan dari campuran bahan-bahan kimia, serta seringkali disuntikkan hormon agar ayam cepat gemuk sehingga bisa segera dipanen. Selain itu ayam jenis ini juga dipelihara di kandang yang sempit sehingga kurang aktivitas geraknya dan ayam cenderung untuk berlemak, berbeda dengan ayam kampung yang seringkali dilepaskan dan memakan makanan alami.

Bila muncul bercak-bercak atau bentol-bentol merah setiap kali memakan ayam potong, maka kemungkinan Anda memang alergi terhadap ayam potong. Biasanya akan muncul rasa gatal, dan akan menghilang dengan sendirinya bila konsumsi ayam potong ini dihentikan.

Pada prinsipnya alergi tidak bisa disembuhkan atau dihilangkan, yang bisa dilakukan hanya mencegah agar alergi tidak kambuh dengan cara menghindari pencetusnya. Namun bila sudah terlanjur terjadi reaksi alergi maka yang bisa dilakukan minum obat golongan antihistamin seperti chlorpheniramin maleat untuk meredakan gatalnya. Oleskan bedak salisil pada area kulit yang gatal. Hindari mandi menggunakan air hangat. Bagian yang gatal bisa dikompres dengan es batu untuk meredakan gatalnya.

Reaksi alergi dikatakan berbahaya bila:

  • Muncul sesak napas.
  • Area wajah tampak sangat bengkak.
  • Disertai dengan keluhan batuk, dan bunyi napas mengi.

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang memicu reaksi alergi dan segera ke Rumah Sakit bila reaksi alergi yang muncul dirasakan berlebihan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan merokok bisa menjadi slaah satu penyebab sakit tenggorokan

10 Penyebab Sakit Tenggorokan, Merokok Salah Satunya

Penyebab sakit tenggorokan bisa bermacam-macam, dari infeksi virus dan bakteri hingga penyakit tertentu. Karena itu, penting untuk mengetahui pemicunya agar bisa diobati dengan benar.