Bagaimana cara mengatasi alergi sandal jepit?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter, kakak saya saat ini mengalami ruam di kulit kaki akibat alergi terhadap sandal jepit karet. Sudah beberapa kali periksa dan mendapat salep oles tapi hanya menyembuhkan sementara. Bagaimana ya dok supaya ruam ini nggak balik lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Ruam kulit adalah kondisi kemerahan di kulit, bisa disertai dengan rasa gatal maupun kulit yang berair. Ruam kulit bisa disebabkan oleh infeksi, iritasi, maupun alergi. Jika disebabkan oleh alergi, disebut sebagai dermatitis kontak alergi.

Dermatitis kontak alergi disebabkan oleh bahan-bahan tertentu yang bisa memicu sistem imun bereaksi lebih sensitif. Bahan tersebut disebut sebagai alergen. Nah, alergen dapat berbeda-beda satu sama lain. Beberapa jenis alergen yang sering menyebabkan alergi adalah besi, nikel, maupun karet (seperti yang terdapat pada sandal jepit).

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, apabila kakak Anda sudah mengobati ruam tersebut tetapi kambuh, ada kemungkinan sandal jepitnya dipakai lagi. Jika kondisi alergi, pengobatan utamanya adalah mencegah untuk terpapar alergen lagi. Oleh karena itu, hindari sandal jepit tersebut sebisa mungkin, juga bahan-bahan lainnya yang berasal dari karet.

Dengan menghindari alergen, maka niscaya alergi tidak akan kambuh. Jika muncul kembali, bisa jadi ada alergi lain yang belum diketahui. Jika demikian, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter spesialis kulit dan kelamin, dimana nantinya mungkin akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti prick test. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat alergi berfungsi meredakan gejala alergi

Macam-macam Jenis Obat Alergi dan Cara Kerjanya

Meski alergi tidak bisa disembuhkan dengan obat, reaksi dan gejala alergi bisa diatasi dengan obat alergi. Ada berbagai bentuk obat yang bisa Anda pilih untuk meredakan gejalanya.