Bagaimana cara mendeteksi gejala stroke dan penanganan pertamanya?

T Info Penanya: T, Wanita, 29 Tahun
Siang dok, saya mau tanya soal keluhan yang dialami ibu saya, emang ibu saya memiliki gangguan tekanan darah tinggi, 2 hari lalu tensinya 120/80 tapi ibu saya bilang kalo dia tidak merasakan pusing cuma kakinya lemas dan susah untuk digerakan apakah ini salah satu gejala stroke dok? atau ada gejala stroke lain yang biasa terjadi? terimakasih dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Stroke adalah keadaan dimana suplai darah kaya oksigen ke bagian otak mengalami gangguan sehingga berkurang dan menyebabkan kematian pada sel-sel otak. Saat terjadi kematian sel dalam otak, seketika kemampuan tubuh yang dikendalikan di area otak tertentu seperti control pada otot dan kemampuan memori dapat terganggu hingga menghilang. Efek yang diberikan tergantung pada seberapa besar atau luas kerusakan sel otak dan bagian mana yang mengalami kerusakan.

Penyebab terjadinya stroke berdasarkan jenisnya, yaitu penyumbatan pembuluh darah (stroke iskemik), pecahnya pembuluh darah (stroke perdarahan) dan gangguan sementara aliran darah ke otak yang tidak menyebabkan kerusakan permanen (transient ischemic attack/TIA).

Terkait dengan pertanyaan Anda, berikut beberapa gejala awal stroke yang umum terjadi :
  • mendadak mati rasa atau terjadi kelemahan otot pada bagian tertentu, teruatama satu sisi tubuh
  • mendadak kebingungan
  • mendadak adanya penglihatan yang kabur
  • mendadak sulit berjalan
  • terdapat sakit kepala yang sangat berat
Cara mendeteksi gejala pada penderita yang baru saja mengalami serangan stroke menurut The National Stroke Association, dirangkum dalam F.A.S.T, yaitu:
  • Face : mintalah penderita untuk tersenyum, dan amati apakah senyumnya simetris atau tidak dengan meliahat adanya satu sisi wajah yang cenderung menurun
  • Arms : mintalah penderita mengankat kedua tangan dan amati apakah salah satu sisi tangan ada yang terjatuh
  • Speech : minta penderita untuk mengatakan kalimat sederhana atau mengikuti kalimat sederhana yang Anda ucapkan, amati apakah terdapat terdapat ketidakmampuan atau adanya kalimat yang sulit dipahami
  • Time : segera hubungi ambulance untuk mencari pertolongan darurat karena pada penderita stroke, kerusakan sel otak berpacu dengan waktu
Berikut cara pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika menemui penderita yang mengalami serangan stroke :
  • Membaringan tubuh penderita
  • Beri bantal di bawah kepala penderita dengan kemiringan 30 derajat
  • Segera mencari pertolongan untuk membawa penderita ke Rumah Sakit, karena golden period dari stroke adalah 3-6 jam setelah serangan

Mengenai keluhan yang dialami oleh Ibu Anda, sebaiknya diperiksakan ke dokter Spesialis Saraf untuk mendeteksi apakah benar terjadi serangan stroke, dan apabila memang sudah terjadi karean sudah melewati golden periodnya maka diperlukan tindakan rehabilitasi dan rawat jalan oleh dokter.

Berikut juga saya lampirkan artikel mengenai hipertensi dan stroke sebagai informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Workaholic yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar terkena serangan jantung

Workaholic: Penelitian Membuktikan Bahwa Gila Kerja Bisa Sebabkan Mati Muda

Penelitian menunjukkan bahwa seorang workaholic bisa mengalami masalah yang lebih besar dari serangan jantung atau bahkan stroke.Terutama jika bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar untuk serangan jantung, dan 33% lebih menderita stroke.