Bagaimana cara mencerahkan wajah yang ampuh?

JS Info Penanya: JS
Pagi dok, karena saya terbiasa bekerja menggunakan motor akhirnya wajah saya terlihat lebih mudah kusam dan kering. Apakah ada mencerahkan wajah yang ampuh dengan bahan alami dok? Trims.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JS,

Wajah kusam adalah salah satu keluhan yang banyak terjadi terutama jika sering kali berada diluar ruangan, bekerja dilapangan ataupun sering kali menggunakan kendaraan bermotor. Wajah kusam sendiri bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Cara mengatasi wajah kusam

Untuk bisa mengatasi wajah kusam dan mencerahkan kulit wajah, bisa coba dilakukan beberapa cara seperti:

  • Rutin mencuci wajah, gunakan air hangat dan juga sabun muka yang ringan
  • Upayakan menggunakan pelindung wajah seperti menggunakan masker dan kacamata, penutup wajah atau buff agar tidak langsung terpapar debu, asap kendaraan ataupun polusi lainnya
  • Gunakan bahan alami untuk mencerahkan wajah kusam seperti minyak kelapa, menggunakan gel lidah buaya, lakukan pembersihan wajah dengan soda kue atau gula untuk membantu pengelupasan sel kulit mati
  • Bisa juga gunakan masker dari bahan alami seperti menggunakan madu, lemon, timun, pepaya, oatmeal ataupun masker kunyit

Jika dirasa kurang ampuh maka bisa menggunakan produk perawatan wajah seperti tabir surya, krim yang mengandung AHA, pelembap kulit, dan tidak lupa untuk menjaga asupan makanan sehat serta perbanyak minum air putih. Sebisa mungkin juga hindari paparan matahari langsung dalam waktu lama, bisa gunakan topi ataupun pelindung dari sinar matahari lain.

Apabila masih kesulitan, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kulit ataupun pada dokter kecantikan untuk dilakukan perawatan kulit sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit Anda agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam merawat kulit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti namanya facial vampir meliputi pengolesan darah pada wajah dengan platelet

Jangan Tertipu Dengan Kepopuleran Facial Vampir? Ada Risiko Tertular HIV

Popularitas facial vampir terus melejit sejak Kim Kardhasian mengunggahnya 6 tahun silam. Di sisi lain, belum lama ini ada dua pelanggan VIP Salon di New Mexico terinfeksi HIV selesai menjalaninya.