23 Jul 2020, 19:01Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mencerahkan bibir hitam?

LE
Info Penanya: LE0
Dok, kebetulan saya memiliki bibir yang hitam. Padahal saya tidak merokok ataupun menggunakan lipstick. Bagaimana ya dok cara mencerahkan bibir hitam?
6580 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam LE,Bibir hitam adalah kondisi bibir yang menjadi lebih gelap. Sering kali keluhan ini dikaitkan dengan kebiasaan merokok, padahal ada beragam faktor lain yang bisa menyebabkan bibir menjadi gelap.Beberapa penyebab bibir kehitaman diantaranya adalah:
  • Konsumsi kafein baik makanan atau minuman. Kafein sendiri dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah haus, bisa menimbulkan kekurangan cairan sehingga bibir menjadi kering dan bisa menjadi lebih gelap
  • Paparan matahari dalam waktu lama dapat membuat bibir kering dan juga kehitaman
  • Adanya luka pada bibir
  • Kebiasaan menggigit atau menarik kulit bibir yang kering
  • Kondisi tertentu seperti kehamilan, penyakit lain seperti penyakit addison
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
Untuk bisa mengembalikan warna alami bibir dan mencerahkan kembali bibir yang gelap dapat dilakukan adalah bisa lembapkan bibir menggunakan pelembap seperti petroleum jelly, hindari kebiasaan membasahi bibir dengan menjilati bibir, minum air putih lebih sering, hindari paparan matahari secara langsung dan bisa oleskan madu pada bibir atau campuran lemon atau gunakan gel lidah buaya.Beberapa bahan alami lain juga dipercaya bisa mencerahkan kembali warna bibir seperti penggunaan lemon, bubuk kunyit, susu, ataupun biji delima tetapi ada cara lain juga yang bisa dilakukan yaitu dengan mengonsumsi vitamin E, perbanyak makan sayur dan buah dan bisa hindari pemicu bibir menjadi kehitaman. Anda juga bisa memeriksakan diri pada dokter jika keluhan tidak juga membaik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatanhiperpigmentasi bibirbibir kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil