Bagaimana cara mencegah penyakit berbahaya akibat berhubungan badan lebih dari 1 pasangan?

T Info Penanya: T, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau bertanya jika kita berhubungan badan lebih dari 1 org tapi dalam jangka 1tahun ataupun 2minggu tanpa menggunakan pengaman, bagaimana caranya untuk mencegah akan datangnya penyakit yang berbahaya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T

Terimakasih telah bertanya pada forum SehatQ.

Cara untuk mencegah penyakit menular seksual hanya ada dua cara yaitu dengan barrier (penghalang) atau abstinence. Yang termasuk kontrasepsi barrier seperti kondom. Mudah dipakai dan efektif untuk mencegah kehamilan dan tertular penyakit.

Fakta tentang Infeksi Menular Seksual 

Suatu penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Bisa tertular bila berhubungan tanpa pengaman melalui vagina, anal atau oral seks.

Gejala pada pria :

- nyeri atau tidak nyaman saat berhubungan badan atau buang air kecil

- pegal, benjolan, ruam di dan sekitar penis, testis, anus, bokong, paha atau mulut

- cairan tidak normal atau perdarahan dari penis

- nyeri atau bengkak pada testis

Gejala pada wanita

- nyeri atau tidak nyaman saat hubungan seks atau buang air kecil

- pegal, benjolan, atau ruam di dan sekitar vagina, anus, bokong, paha atau mulut

- cairan tidak normal atau perdarahan dari vagina

- gatal di dan sekitar vagina 

Beberapa infeksi menular seksual 

1. Chlamydia : infeksi bakteri ditandai nyeri di perut bagian bawah, cairan hijau atau kuning dari penis / vagina

2. HPV (Human papillomavirus) : menular melalui kontak kulit / hubungan seksual. Tandanya adalah benjolan kecil di alat kelamin, mulut atau tenggorokan. Beberapa infeksi HPV dapat menjadi kanker

3. Syphilis : infeksi bakteri, tandanya dengan luka bentuk lingkaran di sekitar alat kelamin, anus atau mulut. Tidak terasa nyeri tapi sangat menular. Komplikasinya bisa menyebabkan kematian.

4. HIV : pada fase awal seperti gejala flu. infeksi virus ini akan merusak sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terkena infeksi virus, bakteri dan kanker tertentu.

5. Gonorrhea : infeksi bakteri. seringkali tidak bergejala. Kadang ada cairan putih, kuning, atau hijau yang keluar dari penis / vagina. Sering merasa ingin kencing. Komplikasinya adalah kemandulan

6. Kutu pubis : Kutu yang hidup di rambut kemaluan dan dapat berpindah ke pasangan. Keluhannya gatal, bentol kemerahan, dan meriang.

7. Trichomoniasis : protozoa kecil yang menular melalui kontak kelamin. Tandanya dengan keluarnya cairan dari kelamin, rasa terbakar dan gatal di sekitar kelamin. Ditambah bau yang tidak sedap pada wanita. Komplikasinya kemandulan.

8. Herpes Simplex Virus. HSV-1 biasanya menular melalui oral seks dan HSV-2 melalui kontak seks. Tandanya dengan ruam yang melepuh sekitar mulut atau alat kelamin. Ruamnya akan terasa sangat nyeri.

Pencegahan Infeksi Menular seksual 

Gunakan kondom sebagai perlindungan penyakit dari cairan sperma dan vagina. Namun kontak kulit yang terinfeksi masih bisa terjadi. Mengingat komplikasinya sangat berpengaruh untuk anda, nanti bila anda hamil dan juga bayi anda. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan rutin bila anda aktif dalam berhubungan seksual.

Diskusi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan terapi yang tepat. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini  

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.