14 Nov 2021, 13:16Kandungan

Bagaimana cara mencegah kehamilan untuk ibu menyusui?

S
Info Penanya: S0
Dok, saya baru melahirkan dan ingin intens menyusui anak saya hingga dua tahun kedepan. Saya mau menunda untuk hamil lagi. Bagaimana cara mencegah kehamilan untuk ibu menyusui? Apa dampak jika ibu menyusui hamil? Kapan waktu yang ideal jika ingin hamil lagi?
102 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat sore, KS.Tidak sedikit para ibu melahirkan yang ingin menggunakan KB atau kontrasepsi untuk menjarakkan kehamilan. Namun, beberapa penggunaan KB yang dapat mempengaruhi produksi ASI. Lalu pilihan KB apa yang tepat bagi ibu menyusui?

Pilihan KB untuk ibu menyusui :

  • IUD. Dikenal dengan istilah spiral, terbagi menjadi 2 jenis yaitu hormonal (mengandung progestin) dan non hormonal. Fungsinya dapat mengentalkan lendir serviks sehingga menghambat jalur sperma kedalam Rahim.
  • Mini pill. Pil KB yang hanya mengandung progestin, sehingga tidak menghalangi produksi ASI. Konsumsi pil selama 6-8 minggu setelah melahirkan.
  • Kondom
  • Dikenal dengan susuk, mengandung progestin selain mengentalkan lendir juga bisa menghambat pelepasan sel telur. Bisa bertahan hingga 4 tahun.
  • Suntik KB 3 bulan
  • KB alami atau metode kalender. Harus memperhatikan masa subur.
  • LAM (Lactational Amenorrhoea Method). Cegah kehamilan dengan menyusui karena hormone prolactin meningkat sehingga hormone lain seperti estrogen pun berkurang, mengakibatkan terhambatnya proses ovulasi.
Waktu yang sangat disarankan untuk memiliki anak yaitu sekitar 2-3 tahun. Dampak hamil saat menyusui adalah kontraksi rahim, perdarahan, lahir premature, emosi dan stress, mudah lemas, payudara dan puting sakit. Sebaiknya anda konsultasikan penggunaan KB kepada dokter spesialis kandungan sebelum memakainya.Anda juga dapat membaca forum tentang hamil dan menyusui dibawah ini :Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
menyusuipenggunaan kbibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil