Bagaimana cara mencegah dan mengatasi cantengan di kuku?

SG Info Penanya: SG
Cara mengobati cantengan gmna dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Cantengan adalah kondisi infeksi kulit di sekitar kuku atau dalam bahasa medis disebut paronikia. Gejalanya kuku bisa rusak, nyeri, kemerahan, bengkak dan bisa sampai timbul nanah. Selain bakteri maupun jamur bisa juga akibat kebiasaan mengigit kuku sampai lapisannya rusak dan masuk kuman. Bisa juga akibat zat kimia yang mengiritasi seperti sabun atau deterjen. Beberapa akibat menempelkan kuku palsu.

Mencegahnya dengan cara memakai sarung tangan saat mengerjakan pekerjaan di rumah atau terkena zat kimia, hati-hati saat memotong kuku, tidak membiarkan kuku tumbuh terlalu panjang, menjaga kuku kering dan bersih.

Penangannya lebih baik konsultasi langsung dengan Dokter Kulit untuk mengidentifikasi dan menilai berat ringannya kerusakan kuku. Bisa diberikan salep antibiotik atau antijamur. Dan bila diperlukan tindakan untuk mengeluarkan nanah atau membuang kuku yang sudah rusak. Selama di rumah bisa dengan merendam dengan air hangat selama 15 menit, diulang tiap 8 jam. Berikut artikel mengenai cara mengatasi cantengan.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.