04 Jun 2020, 12:10Gigi & Mulut

Bagaimana cara menangani sariawan di amandel?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, sudah 3 hari saya merasa sakit tenggorokan. Pas saya senter ternyata ada sariawan di amandel. Apa ini berbahaya?
10713 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Sariawan merupakan luka pada jaringan lunak di dalam mulut. Luka ini kadang berwarna putih dikelilingi tepi kemerahan. Selain di area mulut, sariawan juga bisa terjadi di belakang tenggorokan atau di sekitar amandel.Gejala yang mungkin muncul adalah sensasi panas di mulut, kemudian akan mendapati luka yang perih. Pada umumnya sariawan akan sembuh dalam waktu kurang lebih 1-2 minggu dengan sendirinya. Namun ada beberapa cara untuk mengatasi atau mempercepat proses penyembuhan luka pada sariawan :
  • Menggunakan obat kumur
    Sariawan bisa diobati dengan obat kumur yang mengandung steroid dexamethasone atau lidokain. Obat ini bekerja untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Berkumur dengan larutan baking soda
    Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 1/2 gelas air hangat, aduk, kemudian kumur dalam beberapa menit. Lakukan kegiatan ini 2 kali sehari.
  • Konsumsi banyak makanan vitamin C
    Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari makanan, seperti buah jeruk, apel, pisang, kiwi, dan paprika. Jika belum mencukupi, suplemen vitamin C bisa menjadi pilihan.
Jika keluhan sariawan lebih dari 2 minggu, tidka kunjung sembuh, luka semakin membesar, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk dilkukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
kesehatan mulutsariawanvitamin c
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil