Bagaimana cara memutihkan selangkangan?

NI Info Penanya: NI, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau bertanyaDi daerah selangkangan saya hitam dan di pipi vagina saya juga hitamKenapa ya?Gimana cara nya bikin kulit vaginaku tidak hitam lagiDengan cara alami apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NI,

Selangkangan atau bibir vagina yang berwarna hitam bisa disebabkan oleh gesekan yang terjadi secara terus menerus, misal akibat kegemukan, garukan, ketidakseimbangan hormon ketika hamil, atau pemakaian obat-obatan yang mengandung hormon seperti pil KB.

Meskipun letaknya di dalam dan tertutup baju, namun selangkangan atau bibir vagina yang hitam dapat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Berikut ini tips yang dapat Anda coba untuk memutihkan area selangkangan tersebut dengan cara :
  1. Gunakan scrub dari bahan oatmeal yang sudah diberi air panas dan dicampur dengan yoghurt pada area selangkangan, diamkan selama 30 menit kemudian bilas.
  2. Pijat ringan selangkangan dengan campuran minyak kelapa dan perasan lemon.
  3. Oleskan lidah buaya, diamkan 30 menit, kemudian bilas dengan air.
  4. Gosokan potongan kentang pada selangkangan selama 15 menit, kemudian bilas.

Tips diatas merupakan cara memutihkan dengan cara alami, tentunya membutuhkan waktu lama, bila Anda tidak sabar, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk terapi yang lebih instan.

Salam sehat,

dr. Vina

L
20 Nov 2019, 11:41
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.