30 Jun 2021, 17:49Kandungan

Bagaimana cara memulai minum pil kb andalan yg benar ?

RJ
Info Penanya: RJ0
Doc, saya mau tanya saya kan masih pakai kb suntik yg 3bln dan 3 hari lgi hrus kb ulang, tpi saya pengen ganti kb nya pakai pil kb, apakah saya harus minum pil kb nya stlah selesai kb sntik atau hari ini bisa minum pil kb nya, dan saat ini saya sedang haid bagaimana cara memulai minum pil kb nya
221 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Beberapa jenis alat kontrasepsi dapat dipilih wanita yang telah menikah dan berhubungan seksual namun masih mau menunda kehamilan. Banyak jenis alat kontarsepsi mulai dari kandungan hormon atau tanpa hormonal seperti IUD dan kondom.

Bagaimana cara berhenti suntik KB dan mulai minum pil KB ?

Anda yang sebelumnya suntik KB 3 bulan dan harus kembali suntik 3 hari lagi, saat ini sedang haid, ingin mengganti alat kontrasepsi menjadi pil KB andalan dapat langsung mulai tanpa harus menuggu selesai KB suntik 3 bulan ulang.Anda pilih bisa mengkonsumsi pil KB berjumlah 28 hari dengan minum pil KB berwarna putih sesuai hari haid Anda. Namun jika Anda ingin mulai pil KB setelah selesai haid, konsumsi pil KB yang berjumlah 21 hari dimulai dari pil kuning. Anda sebaiknya menunda berhubungan seksual selama 1 minggu atau gunakan KB tambahan seperti kondom agar hormon berkerja optimal terlebih dahulu. Pil KB efektif mencegah kehamilan jika Anda minum setiap hari, sebaiknya di jam yang sama. Namun jika lupa minum pil KB, peluang kehamilan besar. Konsultasi ke dokter kandungan jika Anda lupa minum pil KB dan mengalami mual muntah.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil