Bagaimana cara mempercepat pertumbuhan gigi anak?

VH Info Penanya: VH, Wanita, 22 Tahun
Anak saya umur 7bln dokter..Gimana caranya iya dokter untuk merangsang pertumbuhan gigi anak saya lebih cpt dokter..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore WH,

Pertumbuhan gigi bayi atau gigi susu anak normalnya adalah mulai usia 6-10 bulan dimana mulai dari 2 gigi seri depan atas lalu mengikuti dibawah dan disampingnya. Pertumbuhan gigi juga bervariasi pada setiap individu ada yang lebih lambat ataupun cepat.

Ketika tumbuh gigi akan timbul sejumlah gejala seperti anak merasa gusi gatal, lebih rewel dan menangis, menimbulkan demam, memicu liur lebih banyak ataupun anak menjadi berubah nafsu makannya.

Tidak perlu merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat tetapi orang tua bisa membantu membuat anak merasa lebih nyaman ketika giginya sedang tumbuh dengan cara:
  • Memberikan teether atau gigitan untuk membantu meredakan rasa gatal dan tidak nyaman di gusi
  • Berikan anak penurun panas yang juga pereda nyeri jika suhu tubuh meningkat lebih dari normal jika diukur dengan termometer
  • Rawat gigi yang sudah tumbuh dengan menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang nyaman untuk anak seusianya
  • Orang tua juga bisa memijat gusi anak untuk membuat lebih nyaman

Jika kesulitan atau anak tidak juga tumbuh gigi sampai usia lebih dari 10 bulan maka perlu diperiksakan pada dokter anak atau dokter gigi agar dilakukan pemeriksaan untuk melihat apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit gusi juga dialami penderita HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1

4 Kondisi Ini Dapat Memicu Sakit Gusi

Sakit gusi adalah kondisi yang terjadi akibat gingivitis atau radang gusi. Salah satunya adalah impaksi makanan di mana makanan tersangkut di antara gigi atau pada gusi. Namun, penyakit HIV/AIDS dan herpes simpleks tipe 1 juga menyebabkan terjadinya sakit gusi.