Bagaimana cara mempercepat penyembuhan luka operasi cesar?

M Info Penanya: M, Wanita, 26 Tahun
dok, cara cepat sembuhin luka pasca sesar gimana ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Operasi sectio cesarean (SC) termasuk operasi besar yang melibatkan daerah perut. Sehingga kategori penyembuhan lukanya juga tergantung dari banyak faktor seperti kondisi anda sendiri, daya tahan tubuh, aktivitas, pola tidur dan sebagainya. 

Dengan istirahat yang cukup, proses penyembuhan dan pemulihan tenaga memerlukan sekitar 6 minggu sampai tubuh bisa kembali seperti semula, semakin sulit dengan adanya bayi baru lahir yang membutuhkan banyak perhatian. Jadi kapan pun ada kesempatan, anda harus istirahat. Minta tolong pada suami, keluarga atau teman yang sedang berkunjung.

Batasi aktivitas anda untuk membantu penyembuhan lukanya. Jangan naik turun tangga bila tidak diperlukan. Jangan mengangkat barang yang lebih berat dari bayi anda. Saat anda ingin bersin atau batuk tahan perut anda terutama daerah luka operasi. Aktivitas cukup yang ringan seperti jalan di rumah karena dapat membantu penyembuhan, mencegah sembelit dan bekuan darah.

Banyak minum air dan makanan yang bergizi. Banyak makan sayuran yang dapat memberi rasa yang berbeda pada ASI sehingga bayi anda semakin menyukainya. 

Rasa nyeri, keluar darah atau cairan bening bisa berlangsung sampai dengan 6 minggu setelah operasi. Yang perlu diperhatikan adalah tanda infeksi seperti kulit menjadi merah, bengkak, bernanah, demam, nyeri, atau ada bau tidak sedap. Selalu diskusikan dengan Dokter Kandungan anda kapan bisa mulai berolahraga, bekerja, membawa kendaraan. Jangan bandingkan dengan keluarga atau teman yang juga melakukan operasi SC karena tidak semua orang perkembangannya sama.

Risiko Operasi Caesar yang Harus Diwaspadai

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kanker ovarium terjadi ketika sel membelah dan berkembang biak dengan cara yang tidak teratur

Perlukah Histerektomi pada Rahim Wanita yang Alami Kanker Ovarium?

Kanker ovarium dapat diatasi dengan pembedahan, salah satunya histerektomi. Prosedur histerektomi dilakukan dengan mengangkat rahim dan jaringan di sekitarnya yang terkena kanker ovarium.