Bagaimana cara memilih tensimeter untuk di rumah?

GR Info Penanya: GR
Malam dok, gimana sih cara memilih tensimeter yang tepat untuk digunakan di rumah? Mohon rekomendasinya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam GR,

Tekanan darah adalah salah satu tanda vital pada tubuh yang bisa menandakan ada tidaknya masalah kesehatan pada tubuh. Untuk memeriksa tekanan darah sendiri saat ini sudah lebih praktis, karena sudah banyak alat pengukur tekanan darah yang dijual dipasaran yang penggunannya mudah dan bisa dilakukan secara mandiri dirumah.

Anda bisa memilih tensimeter digital yang otomatis ataupun bisa memilih tensimeter jarum yang perlu dilakukan dengan manual, tetapi tensimeter manual memerlukan perlengkapan tambahan seperti stetoskop dan perlu memiliki kemampuan untuk melakukan pengukuran yang baik agar mendapatkan hasil yang akurat. Dari situ maka sebaiknya bisa memilih tensimeter digital agar lebih mudah dan hasilnya yang juga akurat.

Tensimeter digital sendiri saat ini sudah beragam merk dan modelnya baiknya menggunakan pengukuran di pergelangan tangan ataupun di lengan atas. Untuk itu perlu jeli dalam memilih merk tensimeter yang baik dan juga perlu dilakukan perawatan berkala agar hasil pengukurannya tetap optimal.

Anda bisa mengoperasikannya dengan tidak hanya 1 kali pengukuran, bisa ulang 2-3 kali jika melakukan pengukuran dengan jeda waktu lalu bisa memperkirakan atau menghitung rata-ratanya. Jika hasilnya terlalu jauh dari 1 pengukuran ke pengukuran lainnya maka tensimeter perlu dilakukan tera ulang apakah masih akurat atau tidak. 

Anda juga perlu menjaga gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap terjaga dan terhindar dari bahaya kesehatan yang bisa terjadi jika tekanan darah tinggi ataupun jika mengalami tekanan darah rendah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, hindari makanan cepat saji.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol, Ikuti Langkah Ini!

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tidak harus dengan obat. Anda bisa mulai dengan kurangi garam dan berhenti merokok.