01 Jun 2020, 17:04Penyakit Lainnya

Bagaimana cara memilih pembalut yang tidak berbahaya?

SL
Info Penanya: SL0
Hi dok, kebetulan saya punya anak gadis yang baru memasuki masa menstruasi. Kira-kira apa ya pembalut yang tidak berbahaya untuk remaja?
20472 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan Anda.Pembalut merupakan suatu benda yang dapat menyerap darah haid yang paling umum diketahui oleh orang. Pembalut sering digunakan oleh wanita saat sedang haidBeberapa jenis pembalut yang sering digunakan adalah jenis pembalut sekali pakai dan pembalut kain. Pembalut sekali pakai ini memang lebih praktis namun, dalam pembuatannya melalui proses kimiawi hal ini dapat menyebabkan iritasi pada sebagian wanita. Sedangkan untuk pembalut kain, dapat dipakai berulang kali dengan cara dicuci. Namun, penggunaan pembalut jenis kain ini dapat merepotkan.

Untuk memilih pembalut yang Aman, terdapat beberaa tips diantaranya:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan Anda
  • Tentukan jenis pembalut yang diinginkan
  • Ketahui daya serap dari pembalut
  • Sesuaikan bentuk pembalut
  • Pilihlah pembalut tanpa parfum atau tanpa wewangian
Pastikan untuk mengganti pembalut dengan jeda waktu 3-4 jam sekali, gunakan pakaian dalam dengan bahan yang menyerap keringat. Serta jaga keseimbangan hormon agar haid teratur dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan juga buah-buahan, cukupi kebutuhan cairan harian serta lakukan olahraga agar badan tetap bugar.Bila terdapat keluhan terkait siklus haid, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasitips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil