15 Feb 2021, 21:11Kulit & Kelamin

Bagaimana cara memilih pakaian dalam wanita yang baik ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya sering sekali gatal di area vagina. Apakah salah satu faktornya karena pakaian dalam wanita yang dipakai?
370 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, SL.Rasa gatal pada vagina sering dialami wanita, terutama wanita yang tidak menjaga kebersihan organ intim dengan baik. Rasa gatal di vagina dapat menganggu aktifitas sehari-hari, menurunkan konsentrasi, dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Vagina yang gatal dapat disertai keputihan berbau tidak sedap.

Apa yang menyebabkan vagina terasa gatal ?

Salah satu penyebab vagina terasa gatal karena pemilihan pakaian dalam yang salah, dimana pakaian dalam berbahan tidak menyerap keringat, terlalu ketat, menimbulkan iritasi dan lembab pada organ intim sehingga bakteri serta virus gampang menginfeksi.Selain itu vagina terasa gatal dapat disebabkan oleh kutu pada rambut kemaluan, iritasi penggunaan sabun kewanitaan, pasca mencukur bulu kemaluan, dan tinea kruris.

Bagaimana cara memilih pakaian dalam wanita yang baik ?

Pilih pakaian dalam yang menyerap keringat, berbahan nyaman, lembut, tidak terlalu ketat atau longgar, ganti pakaian dalam saat basah minimal 2 kali dalam sehari, dan jangan bergantian pakaian dalam dengan orang lain. Hindari menahan kencing dan melakukan cebok dengan benar juga dapat mencegah infeksi saluran kemih.Jika vagina terasa gatal semakin bertambah, dapat diikuti keputihan berbau busuk, amis, dan menyengat, disertai sakit saat berkemih, segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
vagina gatalkandidiasis vaginakesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil