08 Jun 2020, 11:13Pernapasan

Bagaimana cara memilih obat batuk yang benar?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, bagaimana sih cara memilih obat batuk yang sesuai dengan kondisi tubuh kita?
7651 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Batuk sebenarnya adalah refleks yang secara otomatis dilakukan tubuh, ketika ada benda asing yang masuk melalui tenggorokan. Benda asing tersebut misalnya alergen (debu, asap, bulu kucing, dan lain-lain), atau mikroorganisme (virus, bakteri, atau parasit lainnya). Jika batuk terjadi berulang kali, berarti ada masalah yang terjadi pada saluran pernapasan kita.

Cara Memilih Obat Batuk

Nah, tidak semua batuk membutuhkan obat, ya. Sekalipun membutuhkan obat, ada beberapa jenis obat batuk yang tidak bisa disamaratakan. Berikut penjelasannya:
  • Batuk yang disebabkan oleh alergi biasanya tidak membutuhkan obat. Cukup dengan menjauhkan penyebabnya, maka batuk akan berhenti dalam beberapa saat. Tetapi, jika batuk cukup parah, dapat diberikan obat antialergi.
  • Batuk yang disebabkan oleh virus biasanya membutuhkan obat untuk mengurangi gejala. Selain itu, diperlukan pola hidup untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu makan bergizi, minum air putih yang banyak, dan tidur cukup.
  • Batuk yang disebabkan oleh bakteri biasanya membutuhkan antibiotik dan obat untuk mengurangi gejala
Selain itu, perlu juga diperhatikan apakah batuk yang terjadi adalah batuk berdahak atau batuk kering. Pada batuk berdahak, biasanya diberikan obat batuk ekspektoran atau mukolitik untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Sedangkan pada batuk kering, diberikan obat antitusif untuk menekan batuk.Jadi, jika Anda mengalami batuk, pastikan dulu ya penyebabnya. Apabila batuk disertai gejala lain seperti demam, nyeri menelan, atau sesak napas, segera ke dokter spesialis paru, ya. Atau, jika tanpa gejala lain tetapi terjadi lebih dari dua minggu, juga sebaiknya diperiksakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, dan memberikan obat yang sesuai.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
batukbatuk keringbatuk berdahak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil