27 Jun 2020, 02:13Kandungan

Bagaimana cara memilih makanan untuk ibu hamil muda?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Malam dok, kebetulan saya sedang hamil muda. Saya mau tanya, apa aja sih dok makanan sehat untuk ibu hamil muda seperti saya ini? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
4938 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat malam, WI. Kehamilan merupakan suatu yang dinantikan ketika seorang pasangan baru saja menikah. Selain perlu menghindari stres ibu hamil juga membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar janin dapat bertumbuh dengan baik dan sehat didalam tubuh ibu.

Berikut ini merupakan jenis nutrisi yang harus terpenuhi bagi ibu hamil:

  • Karbohidat.
  • Lemak.
  • Protein.
  • Vitamin.
  • Mineral yaitu kalsium, zat besi.
  • Asam folat.
  • Serat.
Pada dasarnya ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nustrisi tambahannya pada setiap trimester kehamilan. Contoh pada trimester kedua dan ketiga kehamilan membutuhkan 300 kalori tambahan. kalsium sebanyak 1200mg, asam folat 600-800 mcg, serta zat besi sebanyak 27 mg.Jenis makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, daging ayam, ikan serta susu yang dipasteurisasi. Tentunya hal ini juga perlu dibarengi dengan pola hidup yang baik seperti rajin berolahraga misalnya yoga atau berenang, banyak minum air putih minimal 2 liter perhari, hindari kondisi stres, hindari makan makanan siap saji dan tidur yang cukup. Jika Anda mengalami masalah mengenai kebutuhan nutrisi sebaiknya konsultasikan kepada dokter ahli gizi ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini                                               
nutrisi ibu hamilolahraga ibu hamilnutrisi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil