07 May 2020, 17:08Penyakit Lainnya

Bagaimana cara memijat payudara yang benar?

A
Info Penanya: A0
Dok saya sempat dengar dari teman kalau memijat payudara baik untuk kesehatan dan mengurangi kemungkinan kanker. Bagaimana cara yang tepat?
15593 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam A,Payudara adalah salah satu organ penting pada wanita, dimana tidak hanya sebagai sumber ASI, payudara juga sering kali menjadi masalah kesehatan pada wanita dimana saat ini kanker payudara merupakan salah satu kanker yang cukup tinggi dan bisa menjadi salah satu kanker yang bisa membahayakan jika tidak di deteksi dini.Mitos untuk pencegahan kanker payudara sendiri sangat beragam, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, penggunakan pakaian tertentu sampai salah satunya adalah pijat payudara.Pijat payudara sendiri tidak sepenuhnya mitos karena pemijatan payudara juga memiliki beberapa manfaat seperti:
  • Mengencangkan payudara
  • Melancarkan ASI
  • Membantu mendeteksi dini terutama jika terdapat benjolan di area sekitar payudara
  • Membuat otot-otot sekitar payudara lebih rileks dan tidak kaku
  • Dapat membantu melancarkan aliran kelenjar getah bening
Untuk itu Anda juga bisa membaca artikel mengenai panduan cara memijat payudara untuk membantu melakukan gerakan yang tepat. Anda juga bisa melakukan pemijatan dengan bantuan pasangan ataupun tenaga terapis yang lebih ahli.Apabila terdapat benjolan tidak perlu terlalu cemas atau panik, karena tidak semua benjolan adalah kanker tetapi bisa karena tumor jinak. Periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti dilakukan USG, mammografi ataupun biopsi untuk memastikan penyebab benjolan dan dilakukan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kanker payudaratumor jinak payudarapayudara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil