Bagaimana cara membuat sate ayam khusus ibu hamil muda?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, apakah boleh ibu hamil muda makan sate ayam? atau ada cara khusus untuk membuat sate ayam untuk ibu hamil muda?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WI.

 

Kehamilan merupakan sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap pasangan yang baru saja menikah. Maka dengan itu kehamilan sangat perlu dijaga. Sebab apapun yang kita makan akan berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Banyak yang selalu bertanya mengenai apakah mengkonsumsi sate diperbolehkan.

Sate merupakan makanan yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Salah satu makanan khas ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Pada dasarnya sate dibuat dengan cara dibakar. Ibu hamil boleh mengonsumsi sate namun harus diperhatikan baik segi kualitas dagingnya ataupun dari segi pengolahannya. Sate diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil jika sate dibakar sampai benar-benar matang dan dikonsumsi tidak berlebihan. 

Pada sate yang dibakar hanya setengah matang dapat mengandung banyak bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janinnya, bahkan ancaman yang membahayakan dapat terjadi seperti keguguran.

Beberapa risiko yang dapat terjadi jika ibu hamil mengonsumsi sate yang kurang matang adalah sebagai berikut:

  1. Keracunan bakteri. Dimana bakteri akan tumbuh didalam tubuh, jenis bakteri biasanya berupa salmonella , ecoli, campylobacter. Gejala yang ditimbulkan adalah diare, kram perut, dan muntah.
  2. Toxoplasmosis. Jenis parasit protozoa yang dapat menyebabkan gangguan terhadap janin apabila terjadi pada trimester 1 yaitu kerusakan mata dan kerusakan otak janin.
  3. Listeria. Akan menyebabkan keguguran. Bakteri menyebabkan gejala demam, nyeri pada otot, mual dan diare.

Oleh sebab itu tetap jaga nutrisi yang masuk selama hamil, jangan lupa untuk olahraga teratur, banyak makan sayur buah, dan minum air putih. Serta jangan lupa kontrol ke dokter kandungan ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil minum kopi berisiko lebih tinggi mengalami keguguran

Ibu Hamil Minum Kopi, Apa Dampaknya Bagi Janin?

Ibu hamil minum kopi belum tentu mengalami dampak buruk bagi kesehatannya. Kopi yang dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil memiliki risiko alami keguguran lebih tinggi.