25 Jun 2020, 16:08Penyakit Lainnya

Bagaimana cara membuat nasi goreng sehat?

SL
Info Penanya: SL0
Dok kebetulan anak saya susah sekali disuruh makan. Dia cuma senang makan nasi goreng. Tapi kalau setiap hari makan nasi goreng, saya takut kecukupan gizinya kurang. Bagaimana ya dok cara mengatasinya? Apakah ada cara membuat nasi goreng yang lebih sehat?
9312 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaNasi goreng adalah masakan yang umum ditemukan di Indonesia. Karena cukup praktis dan mudah, nasi goreng kerap kali digunakan sebagai menu sarapan. Walau banyak juga yang mengonsumsi nasi goreng untuk makan siang ataupun makan malam. Namun, banyak orang yang merasa olahan nasi gorenga dalah makanan yang tidak sehat dikarenakan menggoreng karbohidrat (nasi) dengan minyak (lemak) yang dapat menaikkan kadar kolesterol ada tubuh. Sebenarnya, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan bahan-bahan pilihan saat memasak nasi goreng.

Adapun beberapa bahan yang disarankan agar nasi goreng lebih sehat adalah:

  • Siapkan nasi yang telah dimasak pada malam sebelumnya
  • Gunakan minyak zaitun/ minyak wijen untuk menumis
  • Hindari memanaskan minyak berlebih 
  • Gunakan sayuran seperti wortel, paprika, kacang polong, daun bawang, jamur dan lain sebagainya
  • Tambahkan telur atau irisan daging ayam
  • Tambahkan timun, tomat dna daun selada sebagai pelengkap
  • Anda juga bisa menggunakankecap asin utk mengurangi penggunaan garam yang berlebih
Pada 1 porsi nasi goreng mengandung kurang lebih sebanyak 267 kalori (belum ditambah kalori dari lauk seperti telur, ati yaam, daging ayam dan lain sebagainya). Bila digunakan rata-rata, dengan lauk yang terdapat pada nasi goreng, maka kurang lebih sekitar 400 kalori untuk 1 porsi nasi goreng. Batas maksimal mengonsumsi nasi goreng adalah tidak melebihi kalori yang dibutuhkan tubuh dalam sehari, yaitu sekitar 2000 - 2500 kalori. Tetap usahakan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, lakukan olahraga, cukupi kebutuhan cairan.Bila terdapat keluhan terkait kesehatan Anak, segera periksakan ke dokter spesialis Anak terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
sarapan sehatmakanan sehattips kesehatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil