02 Mar 2021, 20:38Kulit & Kelamin

Bagaimana cara membuat masker wajah?

P
Info Penanya: P0
Dokter, bagiamana caranya membuat masker wajah alami yang tidak menghilangkan khasiatnya?Lalu, bahan-bahan herbal apa saja yang bisa dijadikan masker wajah?
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat Malam POAda berbagai cara dalam melakukan perawatan pada wajah, salah satunya adalah menggunakan masker. Terdapat berbagai produk masker di pasaran dan ada pula yang memilih untuk membuat masker dengan bahan-bahan alami sendiri di rumah.

Macam-Macam Masker Alami

Dengan mengaplikasikan masker wajah secara rutin dapat memberi berbagai manfaat pada kulit seperti mencerahkan, melembapkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Anda bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan dengan modal terjangkau. Berikut beberapa ide membuat masker wajah dari bahan alami:
  • Tomat
    Tomat mengandung vitamin C, A dan B serta antioksidan tinggi sehingga dapat mencerahkan kulit, meratakan warna kulit dan mencegah penuaan dini. Oleskan bagian dalam tomat ke kulit wajah, diamkan selama 15-20 menit dan cuci dengan air bersih.
  • Putih telur
    Karena tinggi protein putih telur dapat menutrisi sel-sel kulit wajah sehingga dapat mencerahkan, mengencangkan wajah dan menghilangkan komedo. Oleskan putih telur pada wajah hingga terasa kencang dan bilas dengan air hingga bersih.
  • Alpukat
    Karena mengandung vitamin A dan lemak baik maka masker alpukat bisa membuat wajah lebih cerah dan membantu mengangkat sel kulit mati. Hancurkan daging alpukat dan campur dengan air atau susu kemudian oleskan ke wajah hingga kering dan bilas.
  • Pepaya
    Pepaya bisa membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit karena mengandung papain. Hancurkan daging pepaya dan oles pada kulit.
  • Kentang
    Tak hanya enak dimakan tetapi bila menjadi masker juga bisa mencegah penuaan dini dan mencegah noda hitam wajah. Parut kentang dan oleskan pada wajah

Waspadai Iritasi Wajah

Walaupun bahan-bahan alami cenderung aman digunakan tetapi anda harus tetap mewaspadai adanya reaksi alergi atau iritasi apabila anda memiliki kulit yang sensitif seperti kulit kemerahan, gatal, perih atau panas.Semoga bermanfaat Salam Sehatdr. Pany CL
kesehatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil