Bagaimana cara membuat masker untuk cegah corona?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, karena sekarang susah sekali cari masker dipasaran, apakah DIY masker sendiri aman? Ada tips kah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Wabah virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia telah menyebabkan kelangkaan masker untuk melindungi wajah dan pernapasan. Selama kekurangan itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, orang yang sedang sakit harus menggunakan masker buatan sendiri sebagai upaya terakhir ketika tidak ada peralatan pelindung yang tersedia.

Masker buatan sendiri memiliki perlindungan yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan masker bedah dan respirator N95. Namun, masker buatan sendiri lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali.

Anda dapat membuat masker sendiri, dengan kain yang ada di rumah, banyak kain di rumah yang dapat menyaring partikel dari udara, dan dapat mengurangi paparan virus. Seperti bahan katun atau kain mikrofiber. Jika Anda sudah menggunakan masker kain, sebaiknya tetap :

  • Hindari kontak dekat dengan orang lain.
  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun untuk mengurangi penyebaran virus dari tangan ke wajah atau ke orang lain.
  • Bersihkan permukaan keras, terutama yang seringkali tersentuh, sperti gagang pintu, menggunakan produk-produk pembersih.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak peka bau dan rasa adalah ciri baru corona

Tak Peka Bau dan Rasa Merupakan Gejala Coronavirus Baru, Benarkah?

Tak peka bau dan rasa secara tiba-tiba belakangan ini disebut sebagai salah satu ciri baru terinfeksi virus corona. Hal ini disampaikan oleh beberapa dokter THT di Inggris.