Bagaimana cara membuat cairan disinfektan yang benar?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Sore dok, akhir-akhir ini saya berpikiran untuk membuat desinfektan sendiri. Bagaimana sih dok cara membuat cairan desinfektan yang benar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Disinfektan adalah cairan dari bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi akibat virus atau bakteri. Di masa pandemi seperti sekarang ini, disinfektan sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan benda-benda. Misalnya, untuk menyemprot benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu dan saklar lampu.

Disinfektan dapat dibeli di swalayan maupun apotek, serta dapat dibuat sendiri. Untuk membuat disinfektan secara pribadi, Anda dapat mencampurkan 95 mililiter pemutih pakaian dengan 905 mililiter air. Campuran ini akan menghasilkan 1 liter disinfektan, yang efektif digunakan dalam waktu 24 jam kedepan. 

Tetapi, perlu diperhatikan, dalam membuat disinfektan disarankan untuk menggunakan sarung tangan dan masker, ya. Karena, bahan kimia yang terkandung dalam pemutih cukup keras dan berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, pada orang-orang yang memiliki gangguan pernapasan, bau pemutih juga dapat menyebabkan sesak napas.

Lalu, penggunaan disinfektan tidak disarankan untuk kulit manusia, ya. Disinfektan hanya dapat digunakan pada benda mati. Untuk penggunaan pada kulit tangan, Anda dapat menggunakan cairan antiseptik atau sanitizer, dimana memiliki kandungan yang berbeda.

Akhir kata, selain membuat disinfektan, jangan lupa jaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dan gunakan masker apabila keluar rumah, ya. Juga, pastikan kekebalan tubuh tetap kuat dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, serta rutin berolahraga. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Informasi yang menyatakan thermo gun atau termometer tembak di dahi dapat merusak otak adalah hoax

Benarkah Thermo Gun Atau Termometer Tembak di Dahi Bisa Merusak Otak?

Thermo gun atau termometer tembak di dahi. menurut rumor yang beredar, disebut-sebut dapat merusak jaringan otak. Lantas, benarkah demikian?