Bagaimana cara membuat bibir berwarna merah secara alami?

RI Info Penanya: RI, Pria, 30 Tahun
Siang, dok. Karena sering mengenakan lipstick, bibir saya semakin terasa kasar dan warnanya menghitam. Apa ada cara untuk membuatnya kembali kemerahan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bibir yang menghitam memang sangat menggangu penampilan terutama buat kaum perempuan. Bibir yang menghitam disebabkan oleh banyak faktor, yaitu hormon estrogen, kebiasaan merokok, menggunakan bahan kimia dalam produk kecantikan seperti pada lipstik, kurangnya perawatan kulit bibir yang tepat seperti tidak menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya dan kebiasaan menggosok-gosokan bibir, alergen, kafein, dan hiperpigmentasi permukaan bibir.

Kondisi-kondisi diataslah yang menyebabkan bibir menjadi hitam. Walaupun begitu, ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kembali bibir yang hitam.

Bahan-bahan yang digunakan untuk mencerahkan bibir, yaitu:

  • Madu.
  • Jus lemon.
  • Gula.
  • Bit.
  • Es batu.
  • Susu krim. 

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan rutin menggunakan pelembap bibir, tidak memakai produk kosmetik secara sembarangan, perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Jika cara-cara tersebut tidak ampuh, maka bisa dibantu dengan laser di area bibir yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DH
05 Apr 2020, 02:13
Dok, kuping saya nyeri setelah menggunakan cotton bud. Bagaimana cara penyembuhannya? Apakah hrs kedokter? Adapun biayanya mahal atau tidak dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Apr 2020, 07:18
Selamat Pagi DH,
Apabila telinga nyeri karena menggunakan cotton bud, bisa terjadi adanya infeksi saluran telinga, iritasi ataupun juga luka. Untuk itu perlu hindari mengorek dengan cottonbud lagi berikutnya ya.
Sementara bisa konsumsi parasetamol untuk meredakan nyeri dan jika timbul nyeri lebih hebat dan ada cairan dari telinga maka perlu diperiksakan. Untuk biaya bervariasi tergantung dari fasilitas kesehatannya. Semoga bermanfaat.
Salama sehat,
dr. Adhi P.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali Jenis dan Produk Terbaik Aroma Diffuser untuk Kebutuhan Anda

Aroma diffuser merupakan alat yang mampu mengubah cairan minyak aroma terapi menjadi uap hingga bisa tersebar ke ruangan. Saat ini sudah ada 4 jenis aroma diffuser. Namun yang dijual massal di pasaran hanya ada 2, yaitu nebulizer diffuser dan ultrasonic diffuser.