Bagaimana cara membuat badan atletis dengan asupan makanan?

MP Info Penanya: MP, Pria
Assalamualaikum. Selamat sore. Saya mau bertanya dok. Saya ingin fisik saya tambah atletis/berisi, selain olahraga atau gym, makanan/rempah2 apa saja dok yang bisa menunjang fisik lebih atletis. Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Memiliki tubuh athletis merupakan cita-cita banyak orang, selain berolahraga Anda harus mengimbanginya dengan asupan makanan yang tepat. Beberapa jenis asupan makanan yang baik untuk tubuh athletis :

  • Karbohidrat
    Merupakan sumber energi berupa glukosa yang dibutuhkan dalam melakukan aktifitas fisik. Sumber karbohirat yang bisa Anda konsumsi seperti nasi, sereal, kentang, pasta dan roti
  • Protein
    Sumber protein adalah daging tanpa lemak, daging unggas, telur, susu rendah lemak, dll
  • Lemak
    Lemak memang perlu dikurangi, namun bukan berarti tidak sama sekali mengonsumsi lemak. Sumber lemak yang baik kacang almond, alpukat, minyak zaitun, dan ikan yang mengandung omega-3
  • Vitamin dan mineral
    Berfungsi penting untuk membentuk tulang dan membawa oksigen ke seluruh tubuh
  • Memenuhi cairan
    Asupan air sangat penting untuk menjaga suhu tubuh dan mencegah dehidrasi

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai pengaturan makanan yang Anda makan, Anda dapat berkonsultasi ke Ahli nutrisi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah, sayur, olahan susu, dan kacang bisa menjadi camilan, yang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil

Beberapa Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan

Kebiasaan ngemil mungkin membuat beberapa ibu hamil cemas, karena takut mengganggu kesehatan tubuhnya serta pertumbuhan janin. Namun tenang saja. Sebab, Anda bisa tetap ngemil, selama camilan yang dipilih, terbuat dari makanan sehat untuk ibu hamil.