05 Jan 2021, 08:37Kepala

Bagaimana cara membersihkan telinga bayi ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, bagaimana ya caranya membersihkan telinga bayi yang aman ?
117 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, SL.Mempunyai seorang bayi merupakan anugerah yang luar biasa bagi orang tua, terutama Ibu. Bayi yang masih kecil baik bentuk tubuh, organ, dengan kulit yang sensitif, membuat Ibu harus lebih berhati-hati. Orang tua harus menjaga kesehatan bayi dengan memberikannya makanan bergizi terbaik yaitu ASI selamat 6 bulan pertama kehidupan. Selain memberikan ASI, kesehatan bayi juga dapat diperoleh dengan kebersihan badan yang baik agar tidak ada kuman dan bakteri yang datang menginfeksi.

Kapan harus membersihkan telinga bayi ?

Telinga bayi yang masih sangat kecil dan halus terkadang membuat Ibu takut membersihkannya. Kotoran telinga akan keluar senidri dibantu dengan rambut-rambut halus yang ada di saluran telinga tengah. Namun jika kotoran ini sulit untuk keluar karena kotoran telinga yang mengeras, maka perlu dibantu dengan cairan pelunak kotoran telinga. Telinga bayi harus dibersihkan ketika kotoran terlihat menumpuk di telinga, ada gangguan pendengaran, telinga terasa sakit, gatal, dan berbau.

Bagaimana cara membersihkan telinga bayi ?

Cara membersihkan telinga bayi yaitu dengan meggunakan handuk lembut yang dibasahkan dengan air hangat, bersihkan bagian luar telinga bayi dan area sekitar lubang telinga. Pastikan handuk tidak terlalu basah agar air tidak masuk menginfeksi telinga bayi. Jangan gunakan cotoon bud karena akan mendorong kotora telinga bayi masuk lebi dalam.Jika telinga bayi tercium bau busuk, keluar cairan kekuningan, bayi menjadi demam dan rewel, segera bawa bayi konsultasi secara langsung bersama dokter spesialis THTSemoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
kebersihan telingaobstruksi telingainfeksi telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil