Bagaimana cara membersihkan telinga anak?

ZO Info Penanya: ZO, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya , anak saya dari lahir sampai sekarang umur 3 tahun, kotoran telinganya itu kalau di bersihkan selalu tidak ada.Telinganya kayak kering. Kayak bekas bedak gitu kotorannya. Itu normal apa tidak dok? Trus caranya biar gak kering gimana? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore ZO,

Kotoran telinga merupakan kumpulan lapisan kulit telinga yang telah mati, debu-debu yang tersaring dan terkumpul di dalam lubang telinga. Normalnya kotoran ini akan terbuang dengan sendirinya ketika proses mengunyah atau berbicara, namun terkadang memang perlu dibersihkan dengan bantuan cotton bud. Ketika membersihkan dengan bantuan cotton bud atau alat pembersih lainnya, perlu dihindari mengorek terlalu dalam.

Bagian telinga dalam dapat memproduksi cairan berwarna kuning kecoklatan yang disebut seruman. Cairan ini berfungsi untuk melumasi lubang telinga agar tidak muncul rasa gatal akibat debu atau kotoran yang masuk.

Selama telinga tidak mengeluarkan cairan berbau, tidak nyeri, tidak muncul jamur yang ditandai dengan rambut-rambut putih kehitaman, maka seharusnya tidak ada kelainan pada telinga anak Anda. Namun bila ibu khawatir, ibu dapat memeriksakan ke dokter THT untuk memastikannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit telinga yang dialami wanita ini dapat diatasi dengan berbagai obat sakit telinga

Berbagai Jenis Obat Sakit Telinga, Mulai dari Alami hingga Medis

Telinga yang sakit akan sangat mengganggu karena menyebabkan fungsi telinga melemah sehingga aktivitas sehari-hari pun terganggu. Untuk mengatasinya Anda dapat mencoba beberapa pilihan obat sakit telinga yang akan dibahas pada artikel ini.