Bagaimana cara membersihkan ari-ari/kain agar tidak menular?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 22 Tahun
Dok,bagaimana cara membersihkan ari ari /kain ibu ibu yang habis melahirkan yang terkena hepatitis agar tidak menular kepada kita?Sebagaimana mana di ketahui hepatitis bisa menular melalui cairan termasuk darah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Hepatitis adalah virus yang menyerang organ hati dimana ada beberapa jenis virus hepatitis yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Dari semuanya hepatitis B dan C yang banyak terdapat di Indonesia dan dapat berkembang menjadi hepatitis kronik. Penyebarannya benar bisa melalui darah, hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang tercemar, dari ibu pada anaknya saat melahirkan dan jalur lainnya seperti transfusi darah yang tercemar.

Untuk membersihkan kain yang terkena darah sendiri tentunya dengan metode sterilisasi mulai melindungi diri menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker, googles, sepatu tertutup, apron lalu dilakukan pisahkan linen yang mengandung bahan infeksius tersebut untuk dilakukan dekontaminasi atau pembilasan awal dan hindari menggunakan air pans karena bisa membuat darah menjadi lebih sulit dibersihkan, lalu dilakukan proses disinfektan dengan merendam pada larutan disinfektan seperti klorin dengan kadar dan durasi tertentu sesuai pedoman sebelum dilakukan pencucian, dan dilakukan pembilasan sebelum dilakukan proses pencucian utama dengan ari panas suhu tinggi. 

Tetapi jika darah sudah mengering akan lebih sulit untuk itu ada baiknya setelahnya bisa dilakukan opsi untuk tidak digunakan kembali dan dimusnahkan bersama dengan limbah infeksius dan tidak sembarangan membuangnya. Selain itu juga penting bagi pekerja yang berisiko tinggi untuk bisa melakukan vaksinasi hepatitis agar mencegah tertular. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berdasarkan kepercayaan, ada tiga shio yang harus lebih memperhatikan kesehatan pada tahun babi ini

Kesehatan di Tahun Baru Imlek, 3 Shio Ini Perlu Waspada

Memasuki Imlek di tahun babi ini, ada tiga shio yang harus memberikan perhatian lebih pada kondisi kesehatan, yaitu bagi shio kuda, kelinci, dan tikus.