01 Feb 2021, 19:32Psikologi

Bagaimana cara memberikan semangat kepada single parents?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya korban perceraian dan saya tinggal bersama ibu. Setiap hari ibu saya kerja karena sekarang menjadi seorang single parents yang harus menafkahkan tiga orang anak. Saya tahu, pasti banyak sekali yang dipikirkan oleh ibu saya. Bagaimana ya, Dok caranya agar saya bisa memberikan semangat untuk ibu saya?
792 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Sl.Perceraian adalah akhir dari sebuah hubungan rumah tangga. Namun perceraian bukanlah akhir dari segalanya. Hidup yang harus dilalui baik oleh orang tua, maupun anak-anak korban dari perceraian masih panjang. Dampak yang diakibatkan dari perceraian juga bukan hanya mempengaruhi mental orang tua, melainkan jiwa anak.

Bagaimana cara mengatasi trauma dari perceraian ?

Cara mengatasi trauma dari perceraian antara lain :
  • Ambil semua hikmah dari perceraian.
  • Berpikir positif, bahwa perceraian adalah jalan terbaik bagi orangtua dan anak.
  • Cari kebahagiaan dari jalan yang lain selain keutuhan rumah tangga.
  • Lakukan semua kegiatan yang menyenangkan.

Bagaimana cara memberikan semangat kepada single parents ?

Menjadi single parent bukan sesuatu yang mudah, terutama bagi seorang Ibu dimana kondisi anak yang banyak, masih terlalu kecil, masih butuh kasih sayang, perhatian, bahkan ekonomi yang sulit membuat seorang Ibu menjadi stress dan depresi, terlebih setelah bercerai ayah dari anak-anaknya tidak memberikan sepersenpun nafkah.Ibu harus berjuang sendiri, menjadi tulang punggung keluarga, harus begitu kuat dan tangguh menghadapi semua cobaan. Sebagai seorang anak, Anda harus selalu menyemangati Ibu Anda, melindungi, merawat, dan membantunya, baik dari segi pekerjaan rumah, memasak, mencuci, berkerja bersama-sama dengan Ibu Anda. Ajarkan adik-adik Anda hal yang sama sedari kecil, sehingga mereka juga terbiasa dalam membantu orang tua. Jadi anak yang mandiri, lakuakn hal yang dapat Anda kerjakan sendiri. Bersikap baik terhadap orang tua, terutama Ibu dan sayangilah dia.Anda juga dapat memberikan segelas minuman hangat manis, memijat ringan Ibu Anda, menyiapkan baju ganti saat Ibu Anda pulang dari lelahnya berkerja. Coba untuk tidak menuntut terlalu berat kepada Ibu Anda, agar beban Ibu Anda tidak bertambah.Semoga Anda dan keluarga selalu bahagia.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresiperceraianluka traumatis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil