03 Dec 2019, 16:45Kepala

Bagaimana cara membedakan pusing biasa dan pusing gejala stroke?

L
Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Hai dokter, aku baru bergabung nih. Mau sharing beberapa minggu lalu aku tiba-tiba mengalami sakit kepala dan pusing-pusing sampai mata berkunang-kunang. Selain keliyengan aku ngerasa kayak mau jatuh setiap kali duduk maupun berdiri. Sebelum-sebelumnya aku ga pernah ngalamin hal kayak gini dok. Apakah ini pusing biasa atau pusing karena stroke dok? Jujur khawatir sekali. Sebelumya makasih atas jawabannya.
57241 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Pusing merupakan sensasi yang dirasakan seperti kepala melayang, tidak seimbang, seperti mau jatuh hingga lingkungan sekitar terasa berputar.

Banyak faktor yang dapat menimbulkan pusing :

Yang perlu dikhawatirkan adalah bila pusing menetap selama beberapa hari dan tidak membaik dengan obat pereda nyeri ringan seperti paracetamol. Atau keluhan pusing yang terjadi mendadak dan disertai dengan penglihatan ganda, gangguan bicara seperti pelo, atau kelemahan setengah anggota tubuh yang bisa jadi tanda-tanda stroke atau adanya tumor otak.Sementara untuk mencegah seringnya muncul keluhan pusing, maka Anda perlu istirahat secara teratur, hindari merokok, konsumsi alkohol, kafein, kurangi stres, makan secara teratur dan perbanyak makan sayur dan buah, serta olahraga secara teratur.Sedangkan untuk mengurangi pusing, Anda bisa minum paracetamol dan lakukan pijatan ringan pada bagian kepala.Bila keluhan pusing ini berlanjut dan semakin sering atau muncul keluhan-keluhan lain seperti yang sudah saya sebutkan, maka segera periksa ke dokter saraf.Salam sehat,dr. Vina
migrainstrokevertigopusing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil