04 Dec 2020, 09:56Kulit & Kelamin

Bagaimana cara membedakan jerawat detox, skincare, dan hormonal?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dokter, gimana sih cara membedakan jerawat menstruasi, jerawat detox, dan jerawat tidak cocok skincare? Mohon informasinya ya dokter.
595 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo SLSaya mencoba menjawab pertanyaan Anda.Jerawat bisa dialami oleh semua orang terutama pada remaja yang sedang pubertas. Ketidakseimbangan hormon, stress, kelelahan, kondisi muka yang kotor dapat memperparah kondisi jerawat. Ini dapat menurunkan rasa percaya diri, dan keinginan untuk bersosilisasipun semakin berkurang.Pada wajah terdapat kelenjar rambut, yang apabila kelenjar ini tersumbat oleh minyak, kotoran, debu, dan sel kulit mati, maka dapat menimbulkan infeksi berbentuk benjolan kecil yang disebut dengan jerawat. 

Beberapa jenis jerawat 

Ada beberapa jenis jerawat antara lain :
  • Jerawat detox
  • Jerawat skincare timbul setelah muka menggunakan skincare tertentu misalnya salap retinoid, krim yang mengandung bahan untuk pengelupasan kulit. Hal ini dapat membuat binggung penggunanya. Padahal tujuan timbulnya jerawat ini untuk membantu membersihkan sisa-sisa sel kulit mati yang ada. Jika sel kulit mati ini sudah bersih, maka kulit wajah baru yang sehat akan muncul.
  • Jerawat hormonal terjadi jika adanya ketidakseimbangan hormon di tubuh seseorag, misalnya saat pubertas, menjelang haid (PMS) dan selama haid, penggunaan KB hormon. Jerawat ini akan membaik dengan sendirinya jika hormon telah seimbang.

Cara mengatasi jerawat

Cara mengatasi jerawat antara lain :
  • Menjaga kebersihan muka, rambut dan badan
  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Hindari stress yang berlebih
  • Cuci muka menggunakan sabun muka yang cocok
  • Jangan memegang muka dengan tangan yang kotor
  • Bersihkan hp, headset, atau headphone
Anda dapat menggunakan obat jerawat dan krim wajah untuk mengurangi jerawat seperti krim retinoid, krim sulfur, krim benzoyl peroxida, krim antibiotik sesuai resep dokter. Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
pengobatan jerawatmakanan penyebab jerawatpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil