Bagaimana cara membedakan herpes dan cacar pada bayi?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, bagaimana cara membedakan herpes dan cacar? Kulit bayi saya saat ini jadi terasa kering dan merah-merah. Apa boleh saya menggunakan lactacyd baby sementara ini dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FF.

Cacar air dan herpes zooster disebabkan oleh jenis virus yang sama, yaitu Varicella zooster. Saat virus ini pertama kali menginfeksi tubuh manusia, penyakit yang akan muncul adalah cacar air, yang memiliki gejala bintil-bintil berisi cairan di seluruh tubuh dan disertai demam. Apabila terjadi infeksi selanjutnya, maka akan menjadi herpes zooster, yang bintil-bintilnya hanya di bagian tubuh tertentu dan membentuk pola seperti garis.

Oleh karena itu, Anda dapat membedakannya dengan cara menelaah riwayat penyakit bayi Anda dan melihat pola bintil-bintilnya. Apabila ragu, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis anak, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang.

Lalu, terkait sabun Lactacyd baby yang Anda sebutkan, produk tersebut adalah sabun bayi yang dapat digunakan oleh bayi dengan riwayat alergi atau ruam popok. Produk tersebut boleh saja digunakan untuk mandi, tetapi gosok kulit dengan hati-hati agar bintilnya tidak pecah. Namun, perlu diingat, bahwa produk tersebut tidak bisa menyembuhkan cacar air maupun herpes, ya.

Untuk pengobatannya, Anda dapat mengonsumsi obat dan salep tertentu yang dapat didapatkan dengan resep dokter. Selain itu, hindari menggaruk, memecahkan bintil, atau mengupas koreng pada saat sudah kering. Anda juga bisa memakaikan bayi Anda pakaian berlengan panjang, untuk mencegah gerakan-gerakan refleks yang seharusnya dihindari tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala herpes kulit adalah lenting yang muncul di daerah bibir

Mengenal Gejala Herpes Kulit dan Cara Mengobatinya Secara Efektif

Gejala herpes kulit dapat berupa munculnya lentingan yang disertai demam, gusi bengkak, hingga pembengkakan kelenjar limfe. Tidak ada obat untuk menyembuhkan herpes kulit. Namun, dokter bisa memberi antivirus untuk meringankan gejala dan mencegah penularannya.