03 Jul 2020, 22:41Kandungan

Bagaimana cara memasak daging sapi untuk ibu hamil?

D
Info Penanya: D0
Pagi dok, saya sedang hamil 2 bulan. Karena sedikit parno dengan bahan-bahan makanan, saya jadi takut masak daging. Bagaimana sih dok, cara memasak daging sapi yang benar untuk ibu hamil?
19047 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam D,Daging sapi adalah salah satu bahan pangan yang kaya manfaat, tetapi perlu cermat dalam memilih jenis daging dan juga cara mengolahnya. Manfaat daging sapi sendiri diantaranya adalah mengandung protein tinggi, mengandung lemak, vitamin dan juga mineral untuk pemenuhan nutrisi tubuh.Bagi ibu hamil, mengonsumsi daging sapi dibolehkan apalagi jika memiliki kecenderungan kurang darah atau anemia karena daging sapi juga kaya zat besi. Ibu hamil bisa memilih bagian daging sapi yang tidak banyak lemak atau lean meat seperti bagian khas dalam atau istilahnya tenderloin. Untuk pengolahan sendiri bisa dijadikan sup, ditumis, ataupun dijadikan bahan pangan lain yang diolah dengan bersih sampai benar-benar matang. Hindari mengonsumsi daging sapi dengan cara pengolahan di bakar atau dipanggang seperti steak atau sate misalnya karena bisa berpotensi tidak benar-benar matang sempurna. Batasi juga mengonsumsi daging sapi olahan atau daging kalengan.Beberapa bakteri yang bisa ada di daging sapi jika tidak diolah sampai matang diantaranya adalah:
  • Bakteri toksoplasma yang bisa mengancam kehamilan mulai dari kecacatan, keguguran ataupun gangguan kehamilan lain
  • Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang bisa memicu dehidrasi
  • Bakteri e.coli yang juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan
  • Bakteri listeria yang bisa menyebabkan gangguan kehamilan sampai keguguran dan juga bisa menyebabkan infeksi baik pada ibu dan juga bayi
Jadi pilih daging yang baik dan segar, olah dengan baik, jika tidak langsung diolah maka perlu disimpan dengan kemasan yang baik di freezer. Jika sudah terlanjur mengonsumsi daging sapi seperti sate misalnya, maka perlu lebih waspada dan periksakan diri secara berkala pada dokter. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
makanan sehatnutrisi ibu hamilkehamilanibu hamil
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil