26 Nov 2019, 15:48Penyakit Lainnya

Bagaimana cara melancarkan haid setelah suntik KB?

L
Info Penanya: L, Wanita, 35 Tahun
Halo dokter. Saya rutin suntik KB sebelumnya kurang lebih 5-6 tahun. Saya sudah berhenti selama 5 bulan tapi kenapa saya belum menstruasi ya? Saya juga menggunakan pantyliner belakangan ini. Kenapa lendir keputihan saya sering menggumpal ya dok? trus sering berwarna hijau juga. Apakah efek dari KB atau dari pantyliner?
128591 Views
6 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, L.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Mekanisme kerja KB suntik adalah dengan cara mencegah terjadinya proses pembuahan dan menghentikan produksi sel telur.  Suntik KB berisi hormon progesterone yang sifatnya mengentalkan lendir pada mulut rahim sehingga menghalangi sel sperma masuk. Efek samping dari suntik KB itu sendiri adalah:
  • Kepadatan mineral tulang berkurang sehingga resiko terjadinya osteoporosis pun meningkat.
  • Tidak cepat subur kembali. Setelah selesai memakai KB suntik ini, akan terjadi penundaan pemulihan kesuburan. Dimana kira-kira membutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan lebih dari 10 bulan setelah lepas KB untuk kembali subur. Jadi jika Anda ingin berencana cepat hamil tahun depan, lebih baik jangan menggunakan KB suntik.
  • Tidak melindungi dari infeksi penyakit menular.
  • Berat badan meningkat (gangguan nafsu makan).
  • Perdarahan
  • Sakit kepala
  • Jerawat
Bagi wanita yang memakai KB suntik, resiko terkenanya HIV dan atau klamidia (infeksi di daerah panggul) meningkat. Itu disebabkan karena faktor hormonal atau karena penggunaan jarum suntik. Klamidia sendiri menimbulkan gejala keputihan yang sangat bau dan berwarna kuning atau hijau, rasa terbakar ketika BAK, nyeri saat berhubungan seks dan terkadang sampai perdarahan, demam, mual muntah, nyeri perut bagian bawah.Keputihan yang Anda alami bisa diakibatkan karena adanya infeksi bakteri seperti gonorea, klamidia, PID (Pelvic Inflammatory Disease), penyakit menular seksual, trikomoniasis, bakteri vaginosis, peradangan serviks oleh HPV (Human Papilloma Virus).Untuk itu, cara mengatasinya Anda bisa segera melakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk diperiksa lebih lanjut dan ditatalaksana dengan tepat. Lalu, Anda juga bisa menjaga kebersihan tubuh terutama daerah genitalia, memakai pakaian dalam yang berbahan katun, menghindari pemakaian cairan pembersih kewanitaan, menggunakan kondom saat berhubungan seksual.Salam sehat,dr. Ester
penggunaan kbkontrasepsikeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil