Bagaimana cara jerawat kempes dan tidak muncul kembali?

F Info Penanya: F, Wanita, 20 Tahun
Saya FI wanita 19thDok gimana caranya biar jerawat saya kempes dan tidak muncul lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F

Terimakasih sudah bertanya di Forum SehatQ.

Jerawat memiliki banyak faktor yang berperan. Dari genetika jenis kulit anda yang kering atau berminyak. Jerawat timbul akibat tersumbatnya pori-pori wajah sehingga minyak yang berada di dalam tidak bisa keluar dan akhirnya meradang. Sehingga anda perlu rajin membersihkan wajah dan menjaga agar wajah cukup lembab dan tidak kotor.

Jerawat juga timbul akibat peran bakteri di kulit. Bakteri tersebut bisa menginfeksi kelenjar minyak yang tersumbat sehingga beberapa salep jerawat mengandung anti bakteri.

Jerawat juga dipengaruhi gaya hidup anda. Selain menjaga kebersihan wajah anda juga perlu mengurangi asupan zat-zat oksidan seperti lemak, rokok, alkohol dan sebagainya. Anda juga bisa meningkatkan konsumsi antioksidan, misalnya sari lemon, strawberry, atau suplemen vitamin C dan E.

Selain itu pada wanita juga ada pengaruh hormonal pada saat keseimbangan hormon terganggu sehingga mudah timbul jerawat. Jadi anda perlu istirahat yang cukup dan hindari stres.

Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Kulit anda untuk mendapat informasi dan terapi lebih lanjut. Semoga penjelasan dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Actinic keratosis adalah kerusakan kulit yang kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari

Tips Mencegah Actinic Keratosis Akibat Sinar Matahari

Actinic keratosis adalah kondisi di mana kulit mengalami kerusakan yaitu menjadi kasar dan bersisik akibat paparan sinar matahari. Untuk pencegahannya, gunakan tabir surya, batasi waktu terkena sinar matahari serta minum banyak air putih.