Bagaimana cara hitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, saya ibu rumah tangga umur 40. Saya sudah melakukan diet hampir 3 bulan dan sekarang berat badan setelah diet 76kg dengan tinggi badan 150 cm. Berapa berat ideal berat tubuh saya. Saya gak ngerti itung-itungnya. Mohon dijawab ya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Body Mass Index (BMI) adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Untuk perhitungannya, berat badan dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Rumusnya BMI = BB (kg) / TB (m)2.

Kriteria nilai hasil BMI menurut WHO :
Underweight (<18,5)
Normal (18,5 - 24,9)
Overweight (25-29,9)
Obesitas (>30)

BMI Anda menurut WHO masuk kriteria Obesitas (kelebihan berat badan) karena jumlah angka 33,77. Saran saya Anda dapat menurunkan berat badan Anda dengan cara :

  1. Konsumsi makanan berprotein dan berserat
    Makanan berprotein bisa membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi, sumber protein bisa dari putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, kedelai. Makanan berserat akan membuat kenyang lebih lama, namun rendah kalori, makanan berserat yang bisa dikonsumsi antara lain sayur, buah, gandum dan kacang-kacangan.
  2. Konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari
  3. Makan dengan porsi yang kecil
  4. Makan secara perlahan
  5. Istirahat yang cukup dan olahraga

Bila dengan cara-cara diatas Anda masih kesulitan untuk menurunkan berat badan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke Ahli Gizi untuk program penurunan berat badan. Ahli gizi akan menghitungkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam seharinya sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering melewatkan sarapan menjadi salah satu faktor sulit mencapai berat badan ideal

7 Alasan Sulitnya Mencapai Berat Badan Ideal

Penyebab sulit mencapai berat badan ideal adalah melewatkan sarapan, stres, kurang tidur, makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur, hingga faktor genetik.