logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo

Penyakit Lainnya

Bagaimana cara diet sehat?

13 Des 2018, 23:27

CS

Info Penanya: CS, Wanita, 29 Tahun

Selamat siang, saya ingin menanyakan untuk diet yang benar agar tidak mengganggu kesehatan itu bagaimana ya Dok? mohon bantuannya ya Dok untuk menjawab pertanyaan saya. salam

Dilihat 18163

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh Tim Dokter Sehatq

(1)

Dear Ibu CH,

Diet adalah Pengaturan pola makan, yaitu mengatur Pola Makan supaya memperoleh tubuh yang sehat. Bukan Mengurangi porsi makan atau menahan lapar untuk mengurangi Berat Badan dan menjadi lebih kurus.

Saat ini para Dokter  Ahli Gizi sedunia setuju bahwa untuk diet yang benar adalah Diet Seimbang atau Balance Diet, karena tubuh memerlukan beragam zat makanan untuk menjalankan fungsi tubuh dengan baik.

Prinsipnya adalah Jumlah energi yang masuk melalui makanan dan minuman harus sama dengan Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas, dalam sehari.

Karena bila energi yang masuk lebih besar dari energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktifitas, maka tubuh akan menyimpan sisa energi tersebut sebagai cadangan lemak dan lama kelamaan terjadi Kegemukan kemudian Obesitas.

Contoh seorang Atlet memerlukan energi lebih banyak dari seorang dewasa yang bekerja di kantor.

Pengaturan Pola Makan dengan Diet Seimbang dan Gizi Seimbang, pedomannya adalah :

  • Tidak melewatkan sarapan pagi
  • Makan dengan porsi kecil dan sering
  • Cemilan sehat (buah segar dan sayur)
  • Gizi seimbang
  • Perlunya Variasi jenis makanan
  • Pentingnya pola hidup bersih
  • Pentingnya pola hidup aktif dan olahraga
  • Memantau Berat Badan ideal

Kelompok sumber makanan dalam Pedoman Gizi Seimbang terbagi Lima, yaitu:

  1. Sumber energi/tenaga (Karbohidrat) : Padi-padian, umbi-umbian, tepung-tepungan, sagu, jagung, dan lain-lain sebesar 60 - 80 %
  2. Sumber zat pembangun (Protein) : ikan, ayam, telur, daging, susu, kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, oncom,susu kedelai. Komposisinya adalah 30 %
  3. Lemak sebanyak 10 %
  4. Sumber zat pengatur : sayur dan buah-buahan
  5. Air putih sampai 2 liter / hari

Pedoman Gizi Seimbang ini dikenal dengan nama Piramida Makanan yaitu Menempatkan Karbohidrat di dasar piramida yang paling besar, di atasnya buah-buahan dan sayur-sayuran, semakin ke atas adalah protein nabati berupa tahu. tempe, kacang-kacangan, lebih sedikit dibutuhkan di bagian puncak adalah protein hewani, hingga yang paling sedikit dibutuhkan adalah makanan manis dan gorengan di bagian paling atas. Jadi 60-80 % kalori datang dari karbohidrat, 30 % dari protein, dan sisanya dari lemak

Jadi kesimpulannya, Diet yang baik yang dibutuhkan tubuh adalah diet sehat dan seimbang.

 

Salam Sehat

tips dietmakanan dietdiet sehat

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved