Bagaimana cara corona menular?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Siang dok. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari grup keluarga, apakah benar virus corona bisa menular hanya melalui sentuhan saja?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

COVID 19 atau virus corona yang akhir-akhir sudah positif ditemukan di Indonesia tentunya menimbulkan kecemasan, karena sejauh ini belum ada vaksin yang dapat mencegahnya.

Untuk penularan virus corona ini terjadi melalui percikan air liur atau ingus ketika penderita infeksi corona sedang batuk atau bersin dan masuk melalui mukosa bibir, hidung, atau mata orang-orang yang ada di sekitarnya dalam radius sekitar 1 meter.

Karena infeksi virus bersifat self limiting disease atau bisa sembuh dengan sendirinya bila daya tahan tubuh baik, maka yang perlu dijaga dan ditingkatkan adalah daya tahan tubuh Anda.

Berikut ini cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh :

  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Minum air putih minimal 2 liter setiap harinya, bisa diperbanyak bila cuaca sedang panas atau banyak berkeringat.
  • Cukup tidur minimal 8 jam setiap hari, dan jangan begadang.
  • Olahraga ringan 30 menit setiap hari.
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer bila keadaan tidak memungkinkan.
  • Biasakan etika batuk atau bersin yang benar dengan cara ditutup dengan tissue atau lengan baju bagian dalam, hindari menutup menggunakan telapak tangan langsung.
  • Minum suplemen echinacea untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila Anda mengalami gejala demam, batu, pilek, sesak napas dan ada riwayat kontak dengan penderita infeksi corona atau setelah bepergian dari daerah yang sudah terinfeksi virus corona maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit terdekat dan pastikan menggunakan masker selama perjalanan Anda ke Rumah Sakit.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif virus corona dapat menimbulkan gejala ringan, gejala berat, atau mungkin tidak bergejala sama sekali

Jika Anda Positif Terinfeksi Virus Corona, Apa Yang Harus Dilakukan?

Jika Anda lakukan tes coronavirus dan hasilnya menunjukkan positif virus corona, apa yang harus dilakukan? Mungkin sebagian besar orang ada yang panik dan langsung pergi menuju rumah sakit guna mengobatinya. Padahal, langkah yang dianjurkan tidak demikian.