Bagaimana cara cepat menaikkan berat badan dengan cepat?

DR Info Penanya: DR, Wanita, 23 Tahun
dok, bagaimana cara menaikkan berat badan yang baik dan cepat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DR,

Dalam tubuh manusia terdapat proses metabolisme yang berguna untuk membangun kestabilan sistem organ agar berjalan dengan baik, sehingga  dapat menjadikan seseorang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, tinggi badan serta berat badan yang ideal. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan makanan dan minuman yang bergizi agar proses metabolisme terjadi secara lancar. 

Beberapa tips untuk meningkatkan berat badan yang baik diantaranya :

  1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi misal nasi, dimana nasi akan diubah menjadi glukosa oleh beberapa enzim pencernaan dan nantinya tumpukan glukosa ini akan disimpan menjadi glikogen serta lemak
  2. Kurangi konsumsi kafein berlebihan, sebab kafein meningkatkan metabolisme tubuh berlebihan sehingga lama kelamaan juga membakar glukosa dalam tubuh
  3. Istirahat yang cukup, dengan cukup istirahat menjadikan hormon dan enzim pencernaan stabil sehingga bisa membantu peningkatan berat badan.
  4. Hindari stres berlebihan
  5. Jauhi merokok
  6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur terutama yang mengandung fruktosa tinggi misal mangga
  7. Minum vitamin serta suplemen makanan agar nafsu makan meningkat
  8. Hindari kebiasaan begadang atau tidur larut malam

Berikut saya sertakan artikel Macam gangguan makan untuk menambah wawasan. Konsultasikan dengan dokter apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebagai mineral, ada beragam manfaat tembaga, termasuk untuk menjaga jantung

Bukannya Tak Berguna, Ini Deretan Manfaat Tembaga untuk Kinerja Tubuh

Anda mungkin tak menyangka jika tembaga adalah jenis mineral, yang diperlukan oleh tubuh. Ada beragam manfaat mineral untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, dan berperan sebagai antioksidan. Manfaat mineral ini, bisa Anda dapatkan dari makanan sehat.