Bagaimana cara ampuh meredakan masuk angin?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, saya sudah 3 hari belum sembuh dari masuk angin. Badan terasa lemas dan sedikit demam. Apakah ada tips untuk meredakan masuk angin? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Masuk angin sering kali digunakan untuk menggambarkan masalah kesehatan tidak enak badan, pegal-pegal dan perut kembung. Sebenarnya masuk angin bukan merupakan istilah medis. Masuk angin adalah istilah yang sering di gunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan keluhan demam, mengigil, nyeri otot, pegal-pegal dan perut kembung, serta hilangnya nafsu makan.

Penyebabnya masuk angin bisa bermacam-macam, paling sering mencul akibat menurunnya daya tahan tubuh, sehingga rentan terinfeksi virus maupun bakteri. Untuk mengatasi masuk angin Anda dapat mencegahnya dengan cara :

  • Memperbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter / hari
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Istirahat cukup dan berolahraga secara rutin
  • mengkonsumsi obat penurun panas seperti paracetamol
  • Tidak merokok serta menghindari konsumsi kafein dan alkohol
  • Membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, untuk mencegah penyebaran penyakit. 

Jika keluhan masuk angin Anda berupa demam lebih dari 3 hari disertai dengan lemas, muntah dan diare terus-menerus sebaiknya segera memeiksakan diri ke dokter.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran seperti kembang kol, brokoli, dan bayam merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh seorang vegetarian

16 Sumber Protein untuk Anda yang Menjalani Diet vegetarian

Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola makan sehat bisa dilakukan dengan diet vegetarian atau diet vegan. Sumber protein pengganti daging adalah salah satu kendala yang dihadapi. Namun, Anda tidak perlu bingung, karena sumber protein pengganti daging tidak hanya tahu dan tempe saja.