Bagaimana cara alami untuk menghilangkan flek hitam?

PH Info Penanya: PH, Pria, 19 Tahun
Pagi dok... Saya ingin bertanya nih dok..!!Bener gak sih kalo ngilangin flek hitam itu pake jeruk lemon dok ?Tolong dong dok infonya cara ngilangin flek hitam yg Alami. Makasih do..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

 

Selamat Malam, PH.

Pigmentasi adalah pewarnaan kulit oleh zat melanin. Flek hitam merupakan kondisi hiperpigmentasi dimana terdapat peningkatan melanin sehingga menimbulkan bercak hitam dikulit. Hiperpigmentasi biasanya tidak berbahaya tetapi kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Penyebab hiperpigmentasi kulit yan paling umum adalah terpapar sinar matahari. Obat-obatan atau produk kosmetik tertentu juga dapat menyebabkan flek hitam pada kulit.

Berikut cara-cara alami untuk menghilangkan flek hitam, yaitu:

  1. Cuka sari apel

Campurkan cuka sari apel ke dalam air dalam suatu wadah. Kemudian oleskan pada flek hitam dan biarkan dua atau tiga menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Ulangi dua kali sehari untuk mendapat hasil yang optimal.

  1. Lidah buaya

Oleskan lidah buaya pada flek hitam sebelum tidur. Bilas dengan air hangat keesokan paginya. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Ekstrak Teh hijau

Rendam kantung teh hijau dalam air mendidih selama tiga hingga lima menit. Keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin. Kemudian gosok kantong teh di atas flek hitam Anda. Ulangi dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Air teh hitam

Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam ke dalam air mendidih. Biarkan selama dua jam kemudian saring. Rendam bola kapas dalam air teh dan oleskan ke flek hitam Anda. Ulangi dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal

  1. Susu

Rendam bola kapas ke dalam susu. Usapkan dua kali sehari pada flek hitam Anda. Ulangi setiap hari sampai Anda melihat hasilnya.

  1. Pasta Tomat

Konsumsi 55 gram pasta tomat dalam minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu.

  1. Ekstrak anggrek

Apabila digunakan ke kulit selama delapan minggu mampu menyamarkan flek hitam.

Perlu diketahui bahwa ada tanda-tanda dari flek hitam yang perlu diwaspadai dan memerlukan konsultasi ke Dokter Spesialis Kulit. Yaitu apabila bercak hitam semakin banyak dan mengelompok, Muncul benjolan di bawah kulit, atau apabila bercak hitam makin menebal dan bisa mengalami perdarahan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

FM
08 Oct 2019, 19:24
Di wajah saya justru bukan plek hitam dok.. Tapi kaya tahi lalat tapi tumbuh tipis dan banyak kalo di daerah saya di sebutnya hunung dok.. Apa ada obatnya apa ya..
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tomat untuk wajah dapat berupa melembapkan kulit hingga melindungi kerusakan kulit akibat radikal bebas

Ingin Kulit Kencang? Coba Manfaat Tomat untuk Wajah

Tomat merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk merawat kulit. Dengan vitaminnya, tomat dapat membantu menghilangkan jerawat sekaligus melembapkan kulit.