Bagaimana cara agar tidak cepat keluar ?

JA Info Penanya: JA, Pria, 29 Tahun
dok pngen saat berhubungan cnta jngan cepat keluar gmna dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JA,

Berhubungan seksual selain bertujuan untuk menghasilkan keturunan, juga berfungsi untuk menjaga komunikasi dan keharmonisan rumah tangga. Ketika berhubungan seksual diperlukan kerjasama, komunikasi dan rasa saling pengertian antara Anda dan pasangan.

Salah satu masalah yang sering menghantui laki-laki ketika berhubungan seksual adalah ketidak mampuan memuaskan pasangannya akibat ejakulasi terlalu cepat. Dikatakan ejakulasi dini bila Anda mengalami ejakulasi dalam waktu kurang dari 1 menit setelah penetrasi. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, depresi, kelelahan, disfungsi ereksi, dll.

Bila Anda tidak tergolong ejakulasi dini namun ingin melatih agar ejakulasi dapat bertahan lebih lama, maka Anda dapat melakukan latihan-latihan berikut ini :
  1. Senam kegel.
  2. Sistem berhenti dan mulai, dimana ketika Anda mulai merasa akan orgasme, maka segera hentikan rangsangan selama 30 detik atau sampai perasaan tersebut hilang, selanjutnya rangsang kembali dan hentikan secara berulang, sebanyak 2-3 kali sampai akhirnya Anda benar-benar orgasme.
  3. Memperkuat otot panggul.
  4. Menggunakan kondom.

Dan yang terpenting adalah kurangi stres serta jaga komunikasi yang baik dengan pasangan. Bila keluhan menetap, segera lakukan konsultasi dengan dokter urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips seks tahan lama yang bisa diterapkan, seperti konsumsi makanan dengan mineral seng, serta menggunakan kondom

10 Tips Seks Tahan Lama untuk Membakar Malam Anda dengan Pasangan

Seks tidak tahan lama, akibat ejakulasi dini, atau stamina tidak optimal, menjadi masalah yang kerap dialami pria. Seks yang tidak tahan lama sering membuat para pria stres, karena tidak dapat memuaskan pasangan mereka.