05 Jan 2021, 08:36Penyakit Lainnya

Bagaimana cara agar suara keras dan lantang?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, apa saja makanan dan minuman yang harus di konsumsi agar suara biasa keras dan lantang?
2196 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, SL.Suara merupakan salah satu ciri khas seseorang. Ada seseorang dengan suara lembut yang halus, suara yang lantang dan keras, suara melengking, dan suara serak. Selain berfungsi sebagai suatu ciri khas seseorang, suara juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang, misalnya seseorang dengan suara yang lantang dan keras menggambarkan orang dengan pendirian yang teguh. 

Bagaimana proses suara terbentuk ?

Suara seseorang dipengaruhi oleh aliran udara di dalam paru-paru. Aliran udara ini akan menggertarkan pita suara. Pita suara memotong aliran udara dari paru-paru membentuk pulsa suara sebagai sumber suara laring. Otot-otot laring ini akan menyesuaikan sumber suara tersebut. Suara kemudian disalurkan kembali ke bagian artikulator yaitu lidah, mulut, pipi, dan otot pergerakan mulut yang dapat menghasilkan suara baik lembut maupun keras. 

Apakah makanan dan minuman dapat mempengaruhi suara ?

Suara akan dipengaruhi oleh fungsi paru-paru, pita suara, otot laring, dan bagian artikulator suara. Namun saat seseorang mengalami gangguan pada organ-organ tersebut baik karena trauma, tumor, atau makanan dan minuman yang membuat peradangan di mulut, laring, bahkan reaksi alergi yang memicu pembengkakan pita suara maka suara akan berubah.Walau makanan dan minuman tidak mempengaruhi suara secara langsung, Anda harus tetap makan makanan yang bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak baik, protein, serat, vitamin dan mineral agar tubuh segat dan fungsi suara juga baik. Hindari makanan yang memicu alergi. Jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol.Jika terjadi perubahan suara yang mendadak pada Anda seperi suara yang keras tibatiba mengecil, serak, bahkan menghilang, terlebih tidak ada batuk pilek sebelumnya, segera ke dokter spesialis THT untuk peemriksaan dan penatalaksanaan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari
laringitiskanker laringgangguan pita suara
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil