Bagaimana cara agar luka bakar cepat kering?

AP Info Penanya: AP, Pria, 2019 Tahun
Selamat pagi dok,mau tanya klo luka bakar kena knalpot obatnya apa ya dok biar cepet kering....terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Luka bakar dapat disebabkan oleh sengatan benda panas, tersengat listrik, paparan matahari lama, ataupun terpapar bahan kimia. Luka bakar sendiri memiliki derajat yang beragam mulai dari luka bakar tingkat pertama sampai luka bakar tingkat ketiga yang lebih parah.

Penanganan luka bakar sendiri disesuaikan dengan tingkatannya dimana pada luka bakar ringan ditangani secara mandiri tetapi jika luka bakar lebih dalam dan luas, mengenai organ seperti wajah, selangkangan, bokong, tangan, kaki maka perlu penanganan lebih lanjut pada fasilitas kesehatan. 

Penangan sendiri dilakukan dengan cara mengompres luka menggunakan air dingin, lindungi bagian yang terkena luka bakar menggunakan salep antibiotik agar terhindar dari debu atau kotoran kemudian ditutup dengan perban steril dan lakukan pergantian perban sehara berkala, upayakan untuk menjaga luka tetap bersih, tidak mengelupaskan kulit yang terluka agar membantu mempercepat penyembuhan dan menghindari timbulnya bekas luka pada kulit. 

Apabila nantinya luka menimbulkan bekas, dapat dilakukan beberapa cara untuk mengatasi bekas luka bakar yang timbul baik menggunakan krim khusus ataupun prosedur medis lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.