Bagaimana cara agar jerawat di wajah tidak membekas ?

CE Info Penanya: CE, Wanita, 18 Tahun
Bagaimana cara agar jerawat di wajah tidak membekas dan apa obat alaminya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CE,

Jerawat merupakan benjolan yang tumbuh ketika pori-pori kulit tersumbat oleh produksi minyak yang berlebih dan terinfeksi oleh bakteri. Ada banyak jenis jerawat mulai komedo, papula, pustula, conglobata, dan masing-masing jerawat tersebut meninggal bekas yang berbeda-beda tergantung dari ukuran dan kedalaman jerawat. Beberapa hal yang perlu dijaga agar tidak timbul jerawat adalah dengan rajin menjaga kebersihan wajah, hindari kebiasaan memegang wajah, gunakan produk kecantikan yang sesuai dengan tipe kulit Anda, hindari makanan berlemak dan pedas, perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukup istirahat serta minum air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga kelembaban kulit. Namun bila sudah terlanjur berjerawat maka hindari memencet jerawat agar tidak membekas, hindari sabun wajah yang mengandung scrub. Sementara bila jerawat sudah terlanjur meninggalkan bekas, maka berikut ini beberapa tips alami yang dapat dicoba untuk mengurangi bekas jerawat :

  1. Gunakan masker minyak kelapa ke wajah ketika hendak tidur, dan dibilas keesokan harinya.
  2. Gunakan cuka apel dengan cara 1 sdm cuka apel yang sudah ditambah dengan 2 sdm madu serta air secukupnya saja. Olehkan campuran tersebut ke bekas jerawat dan diamkan selama 20 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.
  3. Selain itu juga bisa menggunakan masker lidah buaya serta perasan air lemon.

Namun untuk bekas jerawat yang menimbulkan lubang di wajah akan memerlukan tindakan dari dokter kulit agar wajah bisa kembali rata.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat sakit pada wajah bisa dicegah dan diatasi, jika Anda rajin membersihkan kulit secara lembut dan teliti

8 Cara Mengatasi Jerawat Sakit untuk Memperoleh Wajah Sehat

Banyak yang mengira jerawat sakit adalah masalah kulit yang hanya menyerang remaja di usia pubertas. Salah satu cara mengatasi jerawat sakit yaitu dengan membersihkan kulit dengan lembut dan teliti.