Bagaimana bila luka jahit yang belum kering terkena air ?

IT Info Penanya: IT, Pria, 18 Tahun
Dok apa yang terjadi bila luka jahit yang belum kering 100% terkena air
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang. IT.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Luka jahit merupakan luka terbuka akibat berbagai faktor penyebab yang telah diberikan penanganan berupa penjahitan, dalam upaya untuk menyatukan kembali jaringan yang terpisah sehingga dapat beregenerasi dan sembuh. Penjahitan umumnya dilakukan pada luka terbuka yang jarak (gap) antara jaringan lukanya cukup jauh. Selain untuk mempermudah proses penyembuhan, penjahitan juga dilakukan agar luka terbuka tidak terkontaminasi oleh bakteri, atau dengan kata lain mencegah terjadinya infeksi.

Umumnya setelah prosedur penjahitan luka, tenaga medis akan memberikan saran perawatan luka jahit. Beberapa saran perawatan yang umumnya diberikan berupa :

  • hindarkan luka dari air
  • verban dan jahitan tidak boleh dibuka sendiri
  • bila terjadi rembesan darah pada verban segera datang ke sarana kesehatan (klinik, puskesmas)
  • hindari benturan pada luka
  • kontrol kembali setelah 3 hari
  • apabila diberikan resep antibiotik oleh dokter, konsumsilah sesuai anjuran

Mengenai pertanyaan Anda, luka jahit memang sebaiknya tidak terkena air sebelum kering karena dapat memudahkan untuk bakteri mengkontaminasi luka hingga terjadi infeksi. Keadaan tersebut juga menghambat luka untuk cepat kering dan menghambat proses pemulihan. Namun, apabila sudah terlanjut terjadi, sebaiknya Anda segera datang kembali ke sarana kesehatan dimana Anda mendapatkan tindakan penjahitan luka tersebut agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Tetap jaga luka seperti sebelumnya, apabila Anda belum dapat datang kembali ke sarana kesehatan tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alcohol swab bukan untuk bersihkan hp

Alcohol Swab Digunakan untuk Cegah Virus Corona, Efektifkah?

Alcohol swab sangat penting untuk fasilitas kesehatan karena dibutukan untuk mensterilkan permukaan kulit yang akan disuntik. Jika alcohol swab diborong, fasilitas kesehatan akan kekurangan.